Page 69 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 69

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   Tabel  4.1  merangkum  kapan,  mengapa  dan  bagaimana
                   penggunaan  pembelajaran  online  sinkronus  dan  asinkronus
                   sebaiknya dilakukan.


                     Tabel 4.1. Kapan, Mengapa dan Bagaimana Pembelajaran
                              Sinkronus dan Asinkronus Dilakukan


                                 Sinkronus            Asinkronus
                Kapan?     Diskusi tentang topik yang   •  Refleksi dan diskusi tentang
                           tidak terlalu kompleks  topik yang bersifat kompleks
                           •  Pengenalan       •  Mengatasi masalah
                           •  Perencanaan        keterbatasan waktu yang
                            pembelajaran         menyebabkan tidak dapat/sulit
                                                 dilakukan komunikasi sinkronus
                Mengapa?   Pembelajar dapat    •  Peserta ddik memiliki waktu
                           lebih berkomitmen     lebih banyak untuk melakukan
                           dan termotivasi karena   refleksi karena respon atau
                           mendapat respon langsung  jawaban akan pertanyaan
                                                 ‘pengajar’ tidak harus dijawab
                                                 langsung
 58             Bagaimana?  •  Menggunakan media   •  Menggunakan media       59
                            komunikasi seperti video-  komunkasi tidak langsung
                            conferencing, intant   seperti e-mail, discussion
                            messaging, chat, dan   board, ataupun blog
                            dapat disertai pertemuan
                            tatap muka
                Contoh     •  Pembelajar diminta   •  Pembelajar diminta untuk
                            untuk bekerja sama   melakukan refleksi secara
                            secara berkelompok dan   individual atas materi yang
                            berdiskusi melalui instan   sedang didiskusikan dan
                            messaging atau chat   meminta mereka menuliskan
                            untuk saling berkenalan,   hasil refleksinya secara esai
                            membuat perencanaan   (atau dalam blog)
                            belajar, dan membagi   •  Pembelajar diminta
                            tugas                menyampaikan hasil refleksinya
                           •  ‘Pengajar’ yang ingin   kepada peserta lainnya dan
                            menyampaikan suatu   kemudian mereka diminta
                            konsep secara simple   untuk saling mengomentari
                            dapat menyampaikan
                            ‘kuliah’ secara live melalui
                            video-conferencing

               Sumber: Hrastinski, 2008
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74