Page 67 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 67
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
waktu yang dicurahkan untuk mempelajari materi ajar menjadi
berkurang. Kelemahan lain dari pembelajaran sinkronus adalah
kendala waktu yang biasanya dialami para pembelajar. Proses
pembelajaran yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan yang
menuntut ‘kehadiran’ secara bersamaan dapat menimbulkan
rendahnya fleksibilitas waktu belajar. Hal ini tentu menyulitkan
bagi para pembelajar yang bekerja penuh waktu dan tentunya
dapat memiliki waktu bekerja yang berbeda satu sama lain.
2. Pembelajaran Asinkronus
Pembelajaran asinkronus merupakan kebalikan dari
pembelajaran sinkronus dimana proses pembelajaran dilakukan
tidak dalam waktu yang bersamaan antara ‘pengajar’ dengan
pembelajar. Pembelajaran asinkronus biasanya memberikan
bahan pembelajaran melalui situs tertentu (website/webpage)
ataupun melalui platform (seperti Learning Management
System atau LMS) tertentu, dan interaksi dilakukan dengan
56 57
menggunakan media komunikasi tidak langsung seperti e-mail,
discussion board, message board, atau forum online lainnya
termasuk melalui media sosial.
Pembelajaran online asinkronus memberikan keleluasaan atau
fleksibilitas pada ‘pengajar’ dan pembelajar untuk menentukan
waktu belajarnya sendiri. Dalam beberapa kasus, jika materi
pembelajaran juga didesain agar bisa diunduh (download) oleh
pembelajar, maka mereka pun bahkan bisa melakukan proses
belajar secara luring (off line). Pembelajar dapat mengatur
waktu belajarnya sendiri dengan kecepatan belajar yang sesuai
kondisi masing-masing. Oleh karena itu, proses pembelajaran
online asinkronus juga dinilai sangat personal karena dapat
mengakomodasi situasi dan kondisi pembelajar secara
individual. Dengan kata lain, fleksibilitas sistem pembelajaran
online asinkronus sangat tinggi, sehingga tidak heran jika sistem
ini sangat populer dan paling banyak diterapkan/digunakan.