Page 67 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 67

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   waktu yang dicurahkan untuk mempelajari materi ajar menjadi
                   berkurang. Kelemahan lain dari pembelajaran sinkronus adalah
                   kendala waktu yang biasanya dialami para pembelajar. Proses
                   pembelajaran yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan yang
                   menuntut  ‘kehadiran’  secara  bersamaan  dapat  menimbulkan
                   rendahnya fleksibilitas waktu belajar. Hal ini tentu menyulitkan
                   bagi para pembelajar yang bekerja penuh waktu dan tentunya
                   dapat memiliki waktu bekerja yang berbeda satu sama lain.


               2.  Pembelajaran Asinkronus
                   Pembelajaran   asinkronus   merupakan   kebalikan   dari
                   pembelajaran sinkronus dimana proses pembelajaran dilakukan
                   tidak dalam waktu yang bersamaan antara ‘pengajar’ dengan
                   pembelajar.  Pembelajaran  asinkronus  biasanya  memberikan
                   bahan pembelajaran melalui situs tertentu (website/webpage)
                   ataupun  melalui  platform  (seperti  Learning  Management
                   System  atau  LMS)  tertentu,  dan  interaksi  dilakukan  dengan
 56                                                                           57
                   menggunakan media komunikasi tidak langsung seperti e-mail,
                   discussion  board,  message  board,  atau  forum  online  lainnya
                   termasuk melalui media sosial.


                   Pembelajaran online asinkronus memberikan keleluasaan atau
                   fleksibilitas pada ‘pengajar’ dan pembelajar untuk menentukan
                   waktu  belajarnya  sendiri.  Dalam  beberapa  kasus,  jika  materi
                   pembelajaran juga didesain agar bisa diunduh (download) oleh
                   pembelajar, maka mereka pun bahkan bisa melakukan proses
                   belajar  secara  luring  (off  line).  Pembelajar  dapat  mengatur
                   waktu belajarnya sendiri dengan kecepatan belajar yang sesuai
                   kondisi masing-masing. Oleh karena itu, proses pembelajaran
                   online  asinkronus  juga  dinilai  sangat  personal  karena  dapat
                   mengakomodasi  situasi  dan  kondisi  pembelajar  secara
                   individual.  Dengan kata lain,  fleksibilitas sistem pembelajaran
                   online asinkronus sangat tinggi, sehingga tidak heran jika sistem
                   ini sangat populer dan paling banyak diterapkan/digunakan.
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72