Page 62 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 62
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
ataupun menghadapi masalah. Proses belajarnya itu sendiri
haruslah diinisiasi dan dilakukan secara aktif oleh pembelajar.
Kegiatan yang dapat memfasilitasi terjadinya belajar aktif antara
lain:
memberikan pilihan beragam bagi pembelajar untuk
memilih jenis dan format tugas ataupun topik projek yang
dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran;
menghadirkan laman situs yang interaktif untuk digunakan
pembelajar;
menyelenggarakan kegiatan debat secara online.
membentuk grup belajar;
meminta pembelajar untuk menghubungkan pelajaran
dengan situasi riil pada kehidupan mereka; dan
membuat kegiatan pemecahan masalah/kasus secara
berkelompok.
4. Umpan Balik yang Cepat
52 53
Pembelajar perlu mendapatkan umpan balik tentang pencapaian
belajarnya. Pemberian umpan balik sangat penting karena
dapat digunakan oleh pembelajar sebagai indikator apakah
mereka telah mencapai tujuan belajar secara menyeluruh
atau belum. Dengan demikian mereka dapat melakukan
perencanaan kegiatan belajar selanjutnya. Dalam pembelajaran
online, pembelajar memiliki harapan yang sangat tinggi, mereka
biasanya mengharapkan umpan balik yang cepat atau instan.
Dalam pembelajaran online, umpan balik dapat diberikan
melalui sistem otomatis sehingga dapat bersifat instan ataupun
surat elektronik atau messaging. Saat ini banyak pembelajaran
online yang juga memanfaatkan aplikasi media sosial seperti
facebook untuk memberikan umpan balik ke pada peserta
pembelajaran online. Tentu saja, apabila penyelenggaraan
pembelajaran onlinenya menggunakan perangkat lunak khusus