Page 59 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 59
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Prinsip 7
Asesmen sumatif: bagi yang menginginkan fasilitasi asesmen
sumatif untuk menilai hasil belajar pembelajar, untuk
menentukan kelulusan, ataupun untuk memberi panduan bagi
pembelajar untuk memilih arah pendidikan selanjutnya.
Prinsip 8
Utuh, konsisten dan trasparan: keseluruhan pembelajaran harus
konsisten mulai dari tujuan, materi, kegiatan pembelajaran, dan
asesmen. Semua harus sesuai, materi yang diberikan harus utuh
dan dapat mempersiapkan pembelajar untuk mencapai tujuan
pembelajaran, dan asesmen harus dirancang untuk mengukur
apakah tujuan yang ditetapkan dapat dicapai. Pembelajar
sejak awal sudah harus diberi informasi mengenai tujuan
pembelajaran, bagaimana proses pembelajaran akan dilakukan,
dan bagaimana nantinya mereka akan diakses.
48 49
Prinsip 9
Mudah diikuti: harus dirancang agar mudah dioperasikan dan
digunakan oleh pembelajar tanpa perlu terlalu banyak bantuan
dan pelatihan, dan dengan menggunakan teknologi yang tidak
terlalu rumit.
Prinsip 10
Efisien dan efektif dalam hal biaya: investasi penggunaan
teknologi yang diperlukan harus dapat diimbangi dengan
manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan teknologi
tersebut, misalnya dalam hal peningkatan kualitas dan
fleksibilitas pembelajaran.
Secara lebih spesifik dari sisi pengajaran (teaching), Dunwill (2016)
menyarikan beberapa praktik baik pembelajaran online yang
ditelitinya. Pada dasarnya prinsip mengajar pada pembelajaran