Page 55 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 55

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE









                                                            Prinsip
                                       Pembelajaran Online



               P      embelajaran  online  harus  direncanakan  dan  didesain



                      dengan  baik  agar  efektif.  Anderson  (2005)  menyebutkan
                      bahwa  ada  lima  (5)  elemen  umum  yang  membingkai
               kualitas  pembelajaran  online,  yaitu  yang  berkaitan  dengan
               infrastruktur, teknis, materi, pedagogik, serta institusional (Gambar
               4.1). Kelima elemen ini dapat dijadikan kerangka acuan (framework)
               untuk merencanakan  dan  menyelenggarakan  pembelajaran  online
               yang berkualitas, dengan elemen materi pembelajaran sebagai titik

 44            sentral.                                                       45

               Seperti  terlihat  pada  Gambar  4.1,  kualitas  pembelajaran  online
               di  satu  sisi  ditentukan  oleh  pemenuhan  spesifikasi  teknis  dan
               ketersediaan  infrastruktur;  dan  di  sisi  lain  oleh  aspek  pedagogik
               (perencanaan, belajar mengajar, dan asesmen), serta dengan aspek
               institusional seperti komitmen manajemen yang dapat mendukung
               penyelenggaraan pembelajaran online













                           Gambar 4.1. Kerangka Pembelajaran Online
                                              (berdasarkan Anderson, 2005)
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60