Page 55 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 55
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Prinsip
Pembelajaran Online
P embelajaran online harus direncanakan dan didesain
dengan baik agar efektif. Anderson (2005) menyebutkan
bahwa ada lima (5) elemen umum yang membingkai
kualitas pembelajaran online, yaitu yang berkaitan dengan
infrastruktur, teknis, materi, pedagogik, serta institusional (Gambar
4.1). Kelima elemen ini dapat dijadikan kerangka acuan (framework)
untuk merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran online
yang berkualitas, dengan elemen materi pembelajaran sebagai titik
44 sentral. 45
Seperti terlihat pada Gambar 4.1, kualitas pembelajaran online
di satu sisi ditentukan oleh pemenuhan spesifikasi teknis dan
ketersediaan infrastruktur; dan di sisi lain oleh aspek pedagogik
(perencanaan, belajar mengajar, dan asesmen), serta dengan aspek
institusional seperti komitmen manajemen yang dapat mendukung
penyelenggaraan pembelajaran online
Gambar 4.1. Kerangka Pembelajaran Online
(berdasarkan Anderson, 2005)