Page 57 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 57
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
dan tugas-tugas yang akan dirancang dan dituangkan dalam rencana
pembelajaran. Kontekstualisasi model pembelajaran ini juga
berkaitan dengan ketersediaan dukungan dari lembaga pendidikan
dimana kita mengajar. Misalnya, jika kita ingin menerapkan model
pembelajaran konstruktivisme yang mendorong partisipasi aktif
pembelajar, apakah lembaga kita dapat memberikan dukungan alat
bantu seperti perangkat diskusi real time, atau platform online yang
dapat memfasilitasi kerja kelompok. Dengan demikian perencanaan
pembelajaran yang kita buat harus mempertimbangkan ketersediaan
dukungan dari manajemen lembaga.
Lebih jauh pada aspek pedagogik, Anderson dan McCormick (2005)
menyebutkan ada 10 prinsip utama yang harus diperhatikan dalam
perencanaan dan penyelenggaraan pembelajaran online, yaitu yang
berkaitan dengan kurikulum, desain materi, perencanaan, proses
belajar, asesmen, dan proses mengajar (curriculum fit; content
design; planning; learning; assessment and teaching). Kesepuluh
46 47
prinsip tersebut adalah sebagai berikut.
Prinsip 1
Kesesuaian dengan kurikulum: rumuskan tujuan pembelajaran
dengan jelas, pastikan relevansi materi yang akan dipelajari
dengan tujuan pembelajaran, pastikan kelayakan kegiatan
belajar bagi pembelajar, dan pilih metode asesmen hasil belajar
yang sesuai (jika akan diases).
Prinsip 2
Inklusivitas: rancang pedagogi pembelajaran yang mendukung
praktik pembelajaran inklusif untuk memfasilitasi beragam
jenis dan tingkat capaian belajar yang diinginkan pembelajar,
pembelajar berkebutuhan khusus, keragaman latar belakang
sosial dan etnis, serta jenis kelamin.