Page 57 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 57

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               dan tugas-tugas yang akan dirancang dan dituangkan dalam rencana
               pembelajaran.  Kontekstualisasi  model  pembelajaran  ini  juga
               berkaitan dengan ketersediaan dukungan dari lembaga pendidikan
               dimana kita mengajar. Misalnya, jika kita ingin menerapkan model
               pembelajaran  konstruktivisme  yang  mendorong  partisipasi  aktif
               pembelajar, apakah lembaga kita dapat memberikan dukungan alat
               bantu seperti perangkat diskusi real time, atau platform online yang
               dapat memfasilitasi kerja kelompok. Dengan demikian perencanaan
               pembelajaran yang kita buat harus mempertimbangkan ketersediaan
               dukungan dari manajemen lembaga.


               Lebih jauh pada aspek pedagogik, Anderson dan McCormick (2005)
               menyebutkan ada 10 prinsip utama yang harus diperhatikan dalam
               perencanaan dan penyelenggaraan pembelajaran online, yaitu yang
               berkaitan  dengan  kurikulum,  desain  materi,  perencanaan,  proses
               belajar,  asesmen,  dan  proses  mengajar  (curriculum  fit;  content
               design;  planning;  learning;  assessment  and  teaching).  Kesepuluh
 46                                                                           47
               prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

               Prinsip 1
                   Kesesuaian dengan kurikulum: rumuskan tujuan pembelajaran
                   dengan  jelas,  pastikan  relevansi  materi  yang  akan  dipelajari
                   dengan  tujuan  pembelajaran,  pastikan  kelayakan  kegiatan
                   belajar bagi pembelajar, dan pilih metode asesmen hasil belajar
                   yang sesuai (jika akan diases).


               Prinsip 2
                   Inklusivitas: rancang pedagogi pembelajaran yang mendukung
                   praktik  pembelajaran  inklusif  untuk  memfasilitasi  beragam
                   jenis  dan  tingkat  capaian  belajar  yang  diinginkan  pembelajar,
                   pembelajar  berkebutuhan  khusus,  keragaman  latar  belakang
                   sosial dan etnis, serta jenis kelamin.
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62