Page 56 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 56

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                 Mengingat  pembelajaran  online  adalah  proses  belajar  mengajar
                 yang  dilakukan  dengan  dan  dalam  jaringan  internet,  tentu  saja
                 ketersediaan  infrastruktur  TIK  dan  pemenuhan  standar  teknis
                 menjadi  prasyarat  mutlak  diselenggarakannya  pembelajaran
                 online.  Prasyarat  ini  berlaku  baik  bagi  penyelenggara  maupun
                 pembelajar.  Pada  penyelenggaraan  pembelajaran  online  yang
                 terstruktur, lembaga juga perlu memiliki unit, perangkat keras dan
                 perangkat lunak, serta sumberdaya manusia yang dapat mendukung
                 operasional  pembelajaran  online.  Di  Universitas  Terbuka  sebagai
                 perguruan  tinggi  penyelenggara  pembelajaran  online terbesar
                 di  Indonesia  misalnya,  terdapat  Pusat  Komputer  yang  dilengkapi
                 dengan  perangkat  keras  (termasuk  server  dana  data  center),
                 perangkat  lunak  dan  SDM  yang  memiliki  kompetensi  TIK,  serta
                 unit produksi multimedia yang mendukung pengembangan materi
                 pembelajarannya itu sendiri. Demikian juga dari sisi pembelajarnya,
                 mereka pun harus mempunyai perangkat keras (computer, tablet,
                 smartphone)  untuk  melakukan  pembelajaran  online.  Semua
       46                                                                                                                                                          47
                 infrastruktur  yang  digunakan  harus  memenuhi  spesifikasi  teknis
                 yang sesuai dengan standar yang diperlukan, baik dari sisi perangkat
                 lunaknya maupun dari segi perangkat kerasnya.


                 Pembelajaran online perlu dipersiapkan dengan matang. Walaupun
                 pembelajaran  pada  hakikatnya  sama  baik  untuk  konteks  tatap
                 muka maupun  online,  namun  ada  aspek-aspek  tertentu  yang
                 harus  diperhatikan  ketika  kita  melakukan  perencanaan  untuk
                 pembelajaran  online.  Pertama  tentu  kita  harus  merencanakan
                 model  pedagogik  yang  akan  kita  terapkan,  apakah  model
                 berdasarkan kognitivisme, konstruktivisme atau lainnya. Kita tidak
                 akan membahas lebih dalam mengenai model-model pembelajaran
                 ini  dalam  kesempatan  ini,  namun  yang  penting  diketahui  adalah
                 model  yang  kita  terapkan  harus  yang  sesuai  dengan  konteks  dan
                 karakteristik calon pembelajar yang kita sasar. Model pembelajaran
                 yang dipilih akan mempengaruhi pada jenis kegiatan pembelajaran
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61