Page 56 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 56
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
Mengingat pembelajaran online adalah proses belajar mengajar
yang dilakukan dengan dan dalam jaringan internet, tentu saja
ketersediaan infrastruktur TIK dan pemenuhan standar teknis
menjadi prasyarat mutlak diselenggarakannya pembelajaran
online. Prasyarat ini berlaku baik bagi penyelenggara maupun
pembelajar. Pada penyelenggaraan pembelajaran online yang
terstruktur, lembaga juga perlu memiliki unit, perangkat keras dan
perangkat lunak, serta sumberdaya manusia yang dapat mendukung
operasional pembelajaran online. Di Universitas Terbuka sebagai
perguruan tinggi penyelenggara pembelajaran online terbesar
di Indonesia misalnya, terdapat Pusat Komputer yang dilengkapi
dengan perangkat keras (termasuk server dana data center),
perangkat lunak dan SDM yang memiliki kompetensi TIK, serta
unit produksi multimedia yang mendukung pengembangan materi
pembelajarannya itu sendiri. Demikian juga dari sisi pembelajarnya,
mereka pun harus mempunyai perangkat keras (computer, tablet,
smartphone) untuk melakukan pembelajaran online. Semua
46 47
infrastruktur yang digunakan harus memenuhi spesifikasi teknis
yang sesuai dengan standar yang diperlukan, baik dari sisi perangkat
lunaknya maupun dari segi perangkat kerasnya.
Pembelajaran online perlu dipersiapkan dengan matang. Walaupun
pembelajaran pada hakikatnya sama baik untuk konteks tatap
muka maupun online, namun ada aspek-aspek tertentu yang
harus diperhatikan ketika kita melakukan perencanaan untuk
pembelajaran online. Pertama tentu kita harus merencanakan
model pedagogik yang akan kita terapkan, apakah model
berdasarkan kognitivisme, konstruktivisme atau lainnya. Kita tidak
akan membahas lebih dalam mengenai model-model pembelajaran
ini dalam kesempatan ini, namun yang penting diketahui adalah
model yang kita terapkan harus yang sesuai dengan konteks dan
karakteristik calon pembelajar yang kita sasar. Model pembelajaran
yang dipilih akan mempengaruhi pada jenis kegiatan pembelajaran