Page 60 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 60

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                 online  sama  dengan  pada  pembelajaran  tatap  muka,  yaitu
                 memperkenalkan  konsep  dan  keterampilan  yang  harus  dipelajari,
                 menuntun  pembelajar  untuk  melakukan  proses  belajar,  dan
                 memberikan  latihan-latihan  mandiri  yang  harus  dilakukan  oleh
                 pembelajar.  Namun  demikian,  menurut  Dunwill  setidaknya  ada
                 enam (6) prinsip dasar mengajar online yang harus diperhatikan di
                 atas aspek-aspek tersebut.

                 1.  Kontak pembelajar - pengajar
                 2.  Kolaborasi antar pembelajar
                 3.  Suasana belajar aktif
                 4.  Umpan balik yang cepat
                 5.  Tujuan pembelajaran yang dapat dicapai
                 6.  Penghargaan atas perbedaan

                 1.  Kontak Antara Pembelajar dengan Pengajar
                    Pembelajar  tidak  menyukai  perasaan  terisolasi.  Mereka  ingin
       50                                                                                                                                                          51
                    terkoneksi  dan  berkomunikasi  dengan  pengajar.  Banyak
                    penelitian yang telah membuktikan bahwa komunikasi antara
                    pembelajar dan pengajar memiliki korelasi positif dengan hasil
                    belajar, semakin intensif komunikasi semakin baik hasil belajar
                    (Dunwill,  2016).  Oleh  Karena  itu,  pembelajaran  online  harus
                    dilengkapi dengan fasilitas atau forum interaksi. Pembelajaran
                    online  juga  harus  memotivasi  pembelajar  untuk  berdiskusi;
                    dan terkait hal ini, institusi penyelenggara pembelajaran online
                    harus punya kebijakan tentang standar “merespon” pertanyaan
                    pembelajar.  Misalnya,  dalam  waktu  berapa  lama  pertanyaan
                    pembelajar harus direspon oleh pengajar. Untuk personalisasi,
                    pengajar  juga  ada  baiknya  menampilkan  foto  sehingga
                    pembelajar  akan  merasa  memiliki  “sosok”  pengajar  secara
                    nyata. Jika dimungkinkan, ada baiknya dibuat jadwal “ngobrol/
                    chat” secara regular.
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65