Page 60 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 60
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
online sama dengan pada pembelajaran tatap muka, yaitu
memperkenalkan konsep dan keterampilan yang harus dipelajari,
menuntun pembelajar untuk melakukan proses belajar, dan
memberikan latihan-latihan mandiri yang harus dilakukan oleh
pembelajar. Namun demikian, menurut Dunwill setidaknya ada
enam (6) prinsip dasar mengajar online yang harus diperhatikan di
atas aspek-aspek tersebut.
1. Kontak pembelajar - pengajar
2. Kolaborasi antar pembelajar
3. Suasana belajar aktif
4. Umpan balik yang cepat
5. Tujuan pembelajaran yang dapat dicapai
6. Penghargaan atas perbedaan
1. Kontak Antara Pembelajar dengan Pengajar
Pembelajar tidak menyukai perasaan terisolasi. Mereka ingin
50 51
terkoneksi dan berkomunikasi dengan pengajar. Banyak
penelitian yang telah membuktikan bahwa komunikasi antara
pembelajar dan pengajar memiliki korelasi positif dengan hasil
belajar, semakin intensif komunikasi semakin baik hasil belajar
(Dunwill, 2016). Oleh Karena itu, pembelajaran online harus
dilengkapi dengan fasilitas atau forum interaksi. Pembelajaran
online juga harus memotivasi pembelajar untuk berdiskusi;
dan terkait hal ini, institusi penyelenggara pembelajaran online
harus punya kebijakan tentang standar “merespon” pertanyaan
pembelajar. Misalnya, dalam waktu berapa lama pertanyaan
pembelajar harus direspon oleh pengajar. Untuk personalisasi,
pengajar juga ada baiknya menampilkan foto sehingga
pembelajar akan merasa memiliki “sosok” pengajar secara
nyata. Jika dimungkinkan, ada baiknya dibuat jadwal “ngobrol/
chat” secara regular.