Page 58 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 58

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                 Prinsip 3
                    Keterlibatan pembelajar: rancang pedagogi yang dapat mengajak
                    dan  memotivasi  pembelajar  untuk  melakukan  pembelajaran
                    aktif dan mencapai kesuksesan belajar.


                 Prinsip 4
                    Inovatif: gunakan teknologi inovatif yang dapat memberi nilai
                    tambah  pada  kualitas  pembelajaran.  Artinya,  pendekatan
                    yang   digunakan   memperlihatkan   bahwa   penggunaan
                    sistem  pembelajaran  online  ini  memang  mendukung  tujuan
                    pembelajaran yang telah ditetapkan, yang akan sulit dicapai jika
                    tidak dilakukan secara online.


                 Prinsip 5
                    Pembelajaran  efektif: dapat dilakukan  dengan  beberapa  cara,
                    diantaranya  dengan  (a)  penggunaan  beberapa  pendekatan
                    desain  yang  memungkinkan  pembelajar  memilih  salah  satu
       48                                                                                                                                                          49
                    pendekatan  yang  paling  sesuai  dengan  dirinya,  personalisasi
                    desain tampilan dan proses pembelajaran, serta memberikan
                    fasilitasi  untuk  pembelajar  mengembangkan  kemampuan
                    belajar mandirinya (belajar cara belajar); (b) pemanfaatan fitur-
                    fitur pembelajaran yang akan mendorong proses metakognitif
                    dan kolaborasi; dan (c) pemberian materi pembelajaran yang
                    sesuai dengan konteks pembelajar tetapi bisa memperlihatkan
                    keragaman perspektif.


                 Prinsip 6
                    Asesmen  formatif:  berikan  kesempatan  pada  pembelajar
                    untuk melakukan asesmen formatif, seperti melalui pemberian
                    umpan balik mengenai hal-hal yang harus mereka perkuat dan
                    bagaimana caranya, pemberian kesempatan kepada pembelajar
                    untuk saling memberi umpan balik satu sama lain, dan tentu saja
                    pemberian  kesempatan  kepada  pembelajar  untuk  melakukan
                    evaluasi diri.
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63