Page 58 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 58
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
Prinsip 3
Keterlibatan pembelajar: rancang pedagogi yang dapat mengajak
dan memotivasi pembelajar untuk melakukan pembelajaran
aktif dan mencapai kesuksesan belajar.
Prinsip 4
Inovatif: gunakan teknologi inovatif yang dapat memberi nilai
tambah pada kualitas pembelajaran. Artinya, pendekatan
yang digunakan memperlihatkan bahwa penggunaan
sistem pembelajaran online ini memang mendukung tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan, yang akan sulit dicapai jika
tidak dilakukan secara online.
Prinsip 5
Pembelajaran efektif: dapat dilakukan dengan beberapa cara,
diantaranya dengan (a) penggunaan beberapa pendekatan
desain yang memungkinkan pembelajar memilih salah satu
48 49
pendekatan yang paling sesuai dengan dirinya, personalisasi
desain tampilan dan proses pembelajaran, serta memberikan
fasilitasi untuk pembelajar mengembangkan kemampuan
belajar mandirinya (belajar cara belajar); (b) pemanfaatan fitur-
fitur pembelajaran yang akan mendorong proses metakognitif
dan kolaborasi; dan (c) pemberian materi pembelajaran yang
sesuai dengan konteks pembelajar tetapi bisa memperlihatkan
keragaman perspektif.
Prinsip 6
Asesmen formatif: berikan kesempatan pada pembelajar
untuk melakukan asesmen formatif, seperti melalui pemberian
umpan balik mengenai hal-hal yang harus mereka perkuat dan
bagaimana caranya, pemberian kesempatan kepada pembelajar
untuk saling memberi umpan balik satu sama lain, dan tentu saja
pemberian kesempatan kepada pembelajar untuk melakukan
evaluasi diri.