Page 63 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 63
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
seperti Learning Management System (LMS), sistem pemberi
umpan balik ini biasanya telah terintegrasi dalam kelas vitualnya.
5. Tujuan Pembelajaran yang ‘Masuk Akal’ dan Dapat Dicapai
Seringkali, kita menaruh harapan terlalu tinggi pada pembelajaran
online sehingga merumuskan tujuan pembelajaran yang terlalu
tinggi dan sulit dicapai oleh banyak pembelajar. Sebagai
akibatnya banyak pembelajar yang menjadi terdemotivasi
dan gagal dalam menyelesaikan pembelajaran onlinenya. Kita
perlu merumuskan tujuan pembelajaran yang pas, yaitu yang
cukup tinggi sehingga memicu motivasi dan efektivitas belajar
tetapi tidak terlalu tinggi sehingga sulit dicapai oleh pembelajar.
Oleh Karena itu, ketika kita merumuskan tujuan pembelajaran
sebaiknya:
eksplisit dan rinci sehingga ada tahapan pencapaian yang
mudah diraih;
dituangkan dalam silabus yang cukup rinci termasuk tugas
52 53
yang harus dikerjakan dan kompetensi yang diharapkan
dicapai dalam setiap tahapannya; dan
disertai contoh hasil belajar yang ideal kepada seluruh
peserta dalam kelas.
Disamping itu, untuk membantu memotivasi pembelajar agar
mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan, Anda harus
berupaya merancang tugas-tugas yang menarik, engaging
(dapat membuat pembelajar menjadi terlibat aktif dalam
menyelesaikan tugasnya), dan relevan dengan kehidupan sehari-
hari sehingga memotivasi pembelajar. Mengingat pembelajar
juga beragam tingkat kemampuannya, tentu saja Anda harus
siap selalu untuk memberikan bantuan kepada mereka, dan
jika harus memberikan tambahan waktu untuk menyelesaikan
tugasnya. Namun demikian, berikan penilaian yang jujur yang
dapat menjadi umpan balik mengenai kinerja belajar mereka.