Page 63 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 63

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   seperti  Learning  Management  System  (LMS),  sistem  pemberi
                   umpan balik ini biasanya telah terintegrasi dalam kelas vitualnya.


               5.  Tujuan Pembelajaran yang ‘Masuk Akal’ dan Dapat Dicapai
                   Seringkali, kita menaruh harapan terlalu tinggi pada pembelajaran
                   online sehingga merumuskan tujuan pembelajaran yang terlalu
                   tinggi  dan  sulit  dicapai  oleh  banyak  pembelajar.  Sebagai
                   akibatnya  banyak  pembelajar  yang  menjadi  terdemotivasi
                   dan gagal dalam menyelesaikan pembelajaran onlinenya. Kita
                   perlu merumuskan tujuan pembelajaran yang pas, yaitu yang
                   cukup tinggi sehingga memicu motivasi dan efektivitas belajar
                   tetapi tidak terlalu tinggi sehingga sulit dicapai oleh pembelajar.
                   Oleh Karena itu, ketika kita merumuskan tujuan pembelajaran
                   sebaiknya:
                    eksplisit dan rinci sehingga ada tahapan pencapaian yang
                       mudah diraih;
                    dituangkan dalam silabus yang cukup rinci termasuk tugas
 52                                                                           53
                       yang  harus  dikerjakan  dan  kompetensi  yang  diharapkan
                       dicapai dalam setiap tahapannya; dan
                    disertai  contoh  hasil  belajar  yang  ideal  kepada  seluruh
                       peserta dalam kelas.


                   Disamping itu, untuk membantu memotivasi pembelajar agar
                   mencapai  tujuan  belajar  yang  telah  ditetapkan,  Anda  harus
                   berupaya  merancang  tugas-tugas  yang  menarik,  engaging
                   (dapat  membuat  pembelajar  menjadi  terlibat  aktif  dalam
                   menyelesaikan tugasnya), dan relevan dengan kehidupan sehari-
                   hari  sehingga  memotivasi  pembelajar.  Mengingat  pembelajar
                   juga  beragam  tingkat  kemampuannya,  tentu  saja  Anda  harus
                   siap  selalu  untuk  memberikan  bantuan  kepada  mereka,  dan
                   jika harus memberikan tambahan waktu untuk menyelesaikan
                   tugasnya. Namun demikian, berikan penilaian yang jujur yang
                   dapat menjadi umpan balik mengenai kinerja belajar mereka.
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68