Page 68 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 68

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                    Penelitian  yang  dilakukan  oleh  Hrastinski  (2008)  juga
                    menunjukkan  bahwa  pembelajaran  asinkronus  lebih  mampu
                    dalam menghadirkan diskusi antar pembelajar yang berkaitan
                    dengan  konten  atau  materi  pembelajaran  dibandingkan
                    dengan  pembelajaran  online  sinkronus.  Data  penelitiannya
                    menunjukkan bahwa di atas 90% dari konten diskusi pembelajar
                    yang  terjadi  dalam  suatu  pembelajaran  online asinkronus
                    berkaitan dengan materi pembelajaran, dan hanya sedikit yang
                    berkaitan dengan masalah di luar materi. Ini tentu sangat baik
                    karena  hampir  semua  waktu  pembelajaran  dicurahkan  untuk
                    membahas materi dan tentunya akan meningkatkan efektivitas
                    belajar.  Proses pembelajaran yang tidak langsung ini juga dinilai
                    memberikan  lebih  banyak  waktu  kepada  pembelajar  untuk
                    melakukan  refleksi  atas  proses  belajarnya,  mengkorelasikan
                    materi  pembelajaran  dangan  pengalamannya  sendiri,  serta
                    untuk memahami materi yang dipelajarinya (Robert and Dennis,
                    in  Hrastinski,  2008).  Jika  dibandingkan  dengan  pembelajaran
       58                                                                                                                                                          59
                    sinkronus, pembelajaran asinkronus dinilai lebih baik dalam hal
                    meningkatkan  partisipasi  pembelajar  secara  kognisi  (refleksi
                    dan pencernaan informasi). Di sisi lain, pembelajaran sinkronus
                    dinilai  lebih  baik  dalam  meningkatkan  partisipasi  ‘personal’
                    seperti semangat dan motivasi belajar.

                    Kelemahan  dari  pembelajaran  online  asinkronus  yang  paling
                    nyata adalah kurangnya interaksi langsung yang menyebabkan
                    pembelajar dapat merasa terasing (isolated). Perasaan ‘sendirian’
                    dan  tidak  memiliki  teman  yang  kerap  dirasakan  pembelajar
                    pembelajaran online asinkronus dapat menyebabkan perasaan
                    frustrasi  dan  demotivasi  ketika  mereka  mengalami  masalah
                    belajar, dan dapat menimbulkan keinginan untuk menghentikan
                    proses belajar.
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73