Page 70 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 70

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                 Jenis Berdasarkan Model Desain


                 Berdasarkan  model  desain,  pembelajaran  online  dapat  dibedakan
                 menjadi  beberapa  macam  diantaranya  (namun  tidak  terbatas):
                 desain  model  kelas,  desain  pembelajaran  kolaboratif,  desain
                 pembelajaran  berbasis  kompetensi,  dan  model  komunitas  (Bates,
                 2016).

                 1.  Desain Pembelajaran Online Tipe-Kelas
                    Pembelajaran online pada awalnya dipengaruhi oleh dua jenis
                    pembelajaran terdahulu, yaitu pembelajaran tatap muka di kelas
                    dan  pembelajaran  jarak  jauh  konvensional  yang  berbasiskan
                    multimedia yang mereplika pembelajaran dalam kelas. Seiring
                    waktu dan perkembangan teknologi, pembelajaran online pun
                    berubah lebih menyesuaikan dengan fitur-fitur teknologi online
                    yang dapat digunakan. Dengan kata lain, desain pembelajaran
                    atau  ‘pengajaran’  pun  lebih  berkembang  menjadi  desain
       60                                                                                                                                                          61
                    yang  sesuai  dan  khusus  dikemas  untuk  konteks  lingkungan
                    pembelajaran  online.  Namun  demikian,  dalam  prakteknya
                    sekarang  masih  ada  pembelajaran  online  yang  menggunakan
                    model desain pembelajaran tipe-kelas (classroom-type). Model
                    desain  ini  masih  sangat  mirip  dengan  metode  pembelajaran
                    pada format tatap muka.

                     a.  Menggunakan Rekaman Pengajaran di Kelas
                        Model desain ini pada dasarnya hanya merekam ‘pengajar’
                        yang sedang mengajar di depan suatu kelas, dan kemudian
                        mengunggah (upload) rekaman tersebut ke situs internet
                        sehingga  bisa  ditonton  dan  disimak  pembelajar  kapan
                        saja  mereka  berkesempatan.  Salah  satu  contoh  misalnya
                        rekaman  berbagai  perkuliahan  di  MIT  yang  diunggah  ke
                        situs  MIT’s  OpenCourseWare  (https://ocw.mit.edu/index.
                        htm). Materi yang sudah diunggah tersebut kemudian dapat
   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75