Page 77 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 77

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               3.  Desain Pembelajaran Online Berbasis Kompetensi
                   Proses perancangan pembelajaran online berbasis kompetensi
                   (PDOBK)  dimulai  dengan  mengidentifikasi  kompetensi  atau
                   keterampilan tertentu yang kita inginkan dicapai oleh pembelajar,
                   lalu  merancang  kegiatan  pembelajaran  yang  akan  membantu
                   pembelajar  menguasai  setiap  tahapan  tingkat  kompetensi
                   dengan  kecepatannya  masing-masing;  dan  biasanya,  kegiatan
                   pembelajaran  dipandu  atau  diasuh  oleh  seorang  mentor.
                   Setiap kali pembelajar yang berhasil menunjukkan penguasaan
                   kompetensi  tertentu  kemudian  diberikan  “badges”  (semacam
                   ‘emblim’  digital  tanda  pencapaian  tahapan  kompetensi).
                   Pembelajar  diberi  kebebasan  sampai  tahapan  kompetensi
                   apa  saja  yang  ingin  dikuasainya,  sehingga  proses  dan  tujuan
                   pembelajaran  bersifat  personal  dan  individual.  Model  desain
                   ini memungkinkan pembelajar untuk merancang pola dan ritme
                   belajarnya sendiri yang tidak tergantung pada pembelajar lain
                   dalam kelas/angkatannya.
 66                                                                           67
                   Banyak lembaga pendidikan yang menggunakan model desain
                   ini  untuk  pembelajaran  onlinenya,  diantaranya  yang  paling
                   awal  adalah  The  Western  Governors  University  di  Amerika
                   Serikat yang memiliki lebih dari 40 ribu pembelajar. Sekarang
                   ini,  banyak  lembaga  pendidikan  lain  di  dunia  yang  juga
                   menerapkan model desain PDOBK ini. Pada umumnya desain
                   PDOBK  digunakan  karena  dinilai  sesuai  dengan  karakteristik
                   dan  kebutuhan  pembelajar  yang  sudah  bekerja  penuh  waktu
                   yang ingin mengembangkan kompetensinya lebih lanjut untuk
                   kepentingan karirnya.


                   Penerapan  PDOBK  sangat  beragam,  namun  model  yang
                   digunakan  oleh  Western  Governors’  University  dapat
                   mengilustrasikan tahapan-tahapan kunci dalam PDOBK. Bates
                   (2016) merangkum tahapan-tahapan tersebut sebagai berikut.
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82