Page 77 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 77
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
3. Desain Pembelajaran Online Berbasis Kompetensi
Proses perancangan pembelajaran online berbasis kompetensi
(PDOBK) dimulai dengan mengidentifikasi kompetensi atau
keterampilan tertentu yang kita inginkan dicapai oleh pembelajar,
lalu merancang kegiatan pembelajaran yang akan membantu
pembelajar menguasai setiap tahapan tingkat kompetensi
dengan kecepatannya masing-masing; dan biasanya, kegiatan
pembelajaran dipandu atau diasuh oleh seorang mentor.
Setiap kali pembelajar yang berhasil menunjukkan penguasaan
kompetensi tertentu kemudian diberikan “badges” (semacam
‘emblim’ digital tanda pencapaian tahapan kompetensi).
Pembelajar diberi kebebasan sampai tahapan kompetensi
apa saja yang ingin dikuasainya, sehingga proses dan tujuan
pembelajaran bersifat personal dan individual. Model desain
ini memungkinkan pembelajar untuk merancang pola dan ritme
belajarnya sendiri yang tidak tergantung pada pembelajar lain
dalam kelas/angkatannya.
66 67
Banyak lembaga pendidikan yang menggunakan model desain
ini untuk pembelajaran onlinenya, diantaranya yang paling
awal adalah The Western Governors University di Amerika
Serikat yang memiliki lebih dari 40 ribu pembelajar. Sekarang
ini, banyak lembaga pendidikan lain di dunia yang juga
menerapkan model desain PDOBK ini. Pada umumnya desain
PDOBK digunakan karena dinilai sesuai dengan karakteristik
dan kebutuhan pembelajar yang sudah bekerja penuh waktu
yang ingin mengembangkan kompetensinya lebih lanjut untuk
kepentingan karirnya.
Penerapan PDOBK sangat beragam, namun model yang
digunakan oleh Western Governors’ University dapat
mengilustrasikan tahapan-tahapan kunci dalam PDOBK. Bates
(2016) merangkum tahapan-tahapan tersebut sebagai berikut.