Page 84 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 84

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                 Jenis Berdasarkan Desain Penggunaan
                 Pada awal munculnya pembelajaran online, orang sering menyebut
                 pembelajaran online sebagai kebalikan dari pembelajaran tatap muka,
                 jadi  ada  dikotomi  antara  pemberlajaran  online  dan  pembelajaran
                 tatap muka. Namun dalam perkembangannya, praktik pembelajaran
                 baik yang tatap muka maupun yang online mengalami perubahan.
                 Sekarang  ini,  ragam  praktik  pembelajaran  lebih  merupakan  suatu
                 kontinum  dengan  berbagai  jenis  kombinasi  yang  dapat  dilakukan.
                 Secara umum, Bates (2016) mengkategorisasikan kontinum modus
                 pembelajaran  tersebut  sebagaimana  terlihat  dalam  Gambar  4.5.













       74                                                                                                                                                          75




                                Gambar 4.5. Modus Pembelajaran


                 Terlihat dari Gambar 4.5 bahwa sekarang proses pembelajaran dari
                 yang sepenuhnya tatap muka hingga yang sepenuhmya online tidak
                 lagi  merupakan  suatu  dikotomi.  Diantara  kedua  modus  tersebut
                 terdapat  modus  pembelajaran  kombinasi  (blended  learning)  yang
                 menggabungkan  pemanfaatan  teknologi  dalam  beberapa  aspek
                 pembelajarannya.  Modus  kombinasi  itu  sendiri  dapat  dibedakan
                 lagi  tergantung  dari  seberapa  besar  penggunaan  teknologi
                 dalam  pembelajarannya,  mulai  dari  hanya  berbantuan  teknologi
                 (technology-enhanced  learning),  ‘flipped’,  atau  hybrid  yang  sudah
                 mulai kental pemanfaatan teknologinya.
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89