Page 84 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 84
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
Jenis Berdasarkan Desain Penggunaan
Pada awal munculnya pembelajaran online, orang sering menyebut
pembelajaran online sebagai kebalikan dari pembelajaran tatap muka,
jadi ada dikotomi antara pemberlajaran online dan pembelajaran
tatap muka. Namun dalam perkembangannya, praktik pembelajaran
baik yang tatap muka maupun yang online mengalami perubahan.
Sekarang ini, ragam praktik pembelajaran lebih merupakan suatu
kontinum dengan berbagai jenis kombinasi yang dapat dilakukan.
Secara umum, Bates (2016) mengkategorisasikan kontinum modus
pembelajaran tersebut sebagaimana terlihat dalam Gambar 4.5.
74 75
Gambar 4.5. Modus Pembelajaran
Terlihat dari Gambar 4.5 bahwa sekarang proses pembelajaran dari
yang sepenuhnya tatap muka hingga yang sepenuhmya online tidak
lagi merupakan suatu dikotomi. Diantara kedua modus tersebut
terdapat modus pembelajaran kombinasi (blended learning) yang
menggabungkan pemanfaatan teknologi dalam beberapa aspek
pembelajarannya. Modus kombinasi itu sendiri dapat dibedakan
lagi tergantung dari seberapa besar penggunaan teknologi
dalam pembelajarannya, mulai dari hanya berbantuan teknologi
(technology-enhanced learning), ‘flipped’, atau hybrid yang sudah
mulai kental pemanfaatan teknologinya.