Page 89 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 89

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   dengan  sesama  pembelajar  lainnya.  Sehingga  dalam  cMOOC,
                   pembelajar juga berperan sebagai sumber belajar bagi peserta
                   lainnya. Dengan demikian, ‘pengajar’ atau lebih tepat disebut
                   fasilitator  di  sini  bukan  merupakan  sumber  belajar  utama
                   dan  bukan  satu-satunya  yang  memiliki  pengetahuan  dan
                   ‘kepakaran’  dalam  bidang  yang  dipelajari.  Peran  fasilitator  di
                   sini lebih kepada membuat agregasi hasil diskusi, mereviu, dan
                   merangkum  serta  mengajak  peserta  untuk  membuat  refleksi
                   atas  kegiatan  pembelajaran  harian/mingguan  yang  dilakukan
                   untuk  memaknai  hasil  pembelajaran  masing-masing.  (Kumar
                   dan  Mishra,  20115).  Inti  proses  pembelajaran  dalam  cMOOC
                   adalah interaksi antar peserta MOOC itu sendiri.


                   Pedagogi  xMOOC  lebih  terstruktur  dengan  materi  yang  telah
                   disiapkan  sebelumnya  oleh  pengembang  MOOC  tersebut
                   (bisa  ‘pengajar’nya  bisa  yang  lain).  Dengan  demikian,  proses
                   pembelajaran  dalam  xMOOC  dirancang  untuk  mengikuti  alur
 78                                                                           79
                   materi yang telah diberikan, termasuk video-video perkuliahan/
                   pengajaran, serta biasanya asesmen dinilai secara otomatis oleh
                   komputer  atau  direviu  oleh  sesama  peserta  MOOC  tersebut.
                   Sehingga  dalam  xMOOC,  pembelajar  lebih  bersifat  pasif
                   karena  semua  telah  dirancang  oleh  pengajar  dengan  proses
                   pembelajaran yang juga biasanya telah terjadwal dalam tenggat
                   waktu yang tertentu.  Inti proses pembelajaran dalam xMOOC
                   adalah interaksi antara pembelajar dengan materi pembelajaran
                   yang diberikan.


                   Secara ringkas perbedaan cMOOC dan xMOOC dipaparkan oleh
                   Kaplan dan Haenlein (2016) seperti terlihat dalam Tabel 4.2.
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94