Page 90 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 90

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                             Tabel 4.2. Perbedaan cMOOC dan xMOOC


                                    xMOOC                 cMOOC
                      Pengajar  Instruktur yang merancang   Fasilitator yang menyemangati
                             matakuliah secara   proses belajar individual peserta
                             terstandar untuk seluruh
                             peserta
                      Peserta  Bersifat pasif    Kontributor aktif terhadap proses
                                                 pembelajaran sehingga menjadi
                                                 sumber belajar bagi peserta
                                                 lainnya
                      Pedagogi  Materi telah ditetapkan   Materi dikembangkan secara
                             sebelumnya berdasarkan   kolaboratif tanpa mengikuti
                             kurikulum formal,   kurikulum formal, menggunakan
                             menggunakan pola    pola seperti seminar dan diskusi,
                             perkuliahan tipe-kelas, dan   dan tidak ada evaluasi
                             evaluasi oleh peer (peserta
                             lainnya)
                      Pola   Terstruktur dengan jadwal   Tidak terstruktur dan lebih
                             berkala tetap dalam   merupakan proses berkelanjutan
                             periode waktu tertentu
                      Platform  Penempatan materi secara   Materi terdapat secara
       80                    terpusat dalam suatu situs   terdistribusi di seluruh jejaring                                                                        81
                             tertentu            perkuliahan
                    Diterjemahkan bebas dari Kaplan dan Haenlein (2016)

                    Terlepas dari pro dan kontra tentang MOOCs, animo masyarakat
                    global  akan  MOOCs  terus  meningkat.  Data  statistic  terakhir
                    dari Class Central (2018) menunjukkan bahwa peserta MOOCs
                    secara  global  mencapai  diatas  101  juta  orang,  suatu  jumlah
                    yang  meningkat  signifikan  dari  tahun-tahun  sebelumnya.
                    Mereka  mengikuti  satu  atau  lebih  MOOCs  dari  sekitar  900
                    lembaga  pendidikan  penyelenggara  MOOCs  melalui  berbagai
                    platform. Dua penyelenggara MOOCs terbesar di dunia adalah
                    Coursera  dengan  jumlah  mahasiswa  peserta  di  atas  37  juta
                    dan edX dengan peserta di atas 18 juta. Kedua penyelenggara
                    ini merupakan organisasi yang menyediakan prasarana (online
                    platform) dimana universitas-universitas menawarkan MOOCs
                    mereka.
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95