Page 90 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 90
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
Tabel 4.2. Perbedaan cMOOC dan xMOOC
xMOOC cMOOC
Pengajar Instruktur yang merancang Fasilitator yang menyemangati
matakuliah secara proses belajar individual peserta
terstandar untuk seluruh
peserta
Peserta Bersifat pasif Kontributor aktif terhadap proses
pembelajaran sehingga menjadi
sumber belajar bagi peserta
lainnya
Pedagogi Materi telah ditetapkan Materi dikembangkan secara
sebelumnya berdasarkan kolaboratif tanpa mengikuti
kurikulum formal, kurikulum formal, menggunakan
menggunakan pola pola seperti seminar dan diskusi,
perkuliahan tipe-kelas, dan dan tidak ada evaluasi
evaluasi oleh peer (peserta
lainnya)
Pola Terstruktur dengan jadwal Tidak terstruktur dan lebih
berkala tetap dalam merupakan proses berkelanjutan
periode waktu tertentu
Platform Penempatan materi secara Materi terdapat secara
80 terpusat dalam suatu situs terdistribusi di seluruh jejaring 81
tertentu perkuliahan
Diterjemahkan bebas dari Kaplan dan Haenlein (2016)
Terlepas dari pro dan kontra tentang MOOCs, animo masyarakat
global akan MOOCs terus meningkat. Data statistic terakhir
dari Class Central (2018) menunjukkan bahwa peserta MOOCs
secara global mencapai diatas 101 juta orang, suatu jumlah
yang meningkat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.
Mereka mengikuti satu atau lebih MOOCs dari sekitar 900
lembaga pendidikan penyelenggara MOOCs melalui berbagai
platform. Dua penyelenggara MOOCs terbesar di dunia adalah
Coursera dengan jumlah mahasiswa peserta di atas 37 juta
dan edX dengan peserta di atas 18 juta. Kedua penyelenggara
ini merupakan organisasi yang menyediakan prasarana (online
platform) dimana universitas-universitas menawarkan MOOCs
mereka.