Page 88 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 88

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                    MOOCs adalah pembelajaran online secara terbuka (tidak ada
                    prasyarat)  secara  masif.  Pada  awalnya  keterbukaan  MOOCs
                    juga  diartikan  sebagai  tanpa  biaya  atau  gratis,  namun  dalam
                    perkembangannya  model  penyelenggaraan  MOOCs  menjadi
                    beragam termasuk berbayar jika pembelajar ingin mendapatkan
                    sertifikat kelulusan misalnya.

                    MOOCs pada umumnya pembelajaran online murni (fully online),
                    tetapi sekarang ada juga praktik MOOCs yang blended seperti
                    yang  diselenggarakan  oleh  The  Commonwealth  of  Learning
                    (CoL)  yang  mengkombinasikan  penyampaian  materi  secara
                    off-line  melalui  CD  dengan  interaksi  secara  online.  Dari  segi
                    metode  interaksi,  kebanyakan  MOOCs  menggunakan  metode
                    komunikasi  asinkronus  dengan  pendekatan  pembelajaran
                    seperti layaknya di dalam kelas (model desain tipe kelas) dengan
                    LMS  tertentu.  Namun  demikian,  ada  juga  penyelenggaraan
                    MOOCs yang dilengkapi dengan pertemuan secara tatap muka
       78                                                                                                                                                          79
                    dan  menggunakan  metode  interaksi  yang  sinkronus.  MOOCs
                    yang  demikian  umumnya  tidak  memiliki  peserta  yang  terlalu
                    banyak atau tidak terlalu massif.


                    Secara  pedagogi  ada  dua  jenis  MOOCs,  yaitu  apa  yang
                    dikenal  dengan  cMOOC  dan  xMOOC.  MOOC  pertama  yang
                    diselenggarakan oleh George Siemens and Steven Downes pada
                    2008  merupakan  MOOC  yang  dirancang  dengan  pendekatan
                    cMOOCs.  Model  cMOOCs  dirancang  berdasarkan  pendekatan
                    konektivisme   yang   menekankan   kepada   keterlibatan
                    pembelajar  dalam  suatu  jejaring/komunitas  pembelajaran
                    secara kolaboratif.

                    Pada  cMOOCs  pembelajar  diharuskan  bersifat  aktif  untuk
                    mencari  topik  yang  ingin  dipelajarinya  dan  dalam  proses
                    pembelajaran  lebih  banyak  dilakukan  melalui  proses  diskusi
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93