Page 88 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 88
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
MOOCs adalah pembelajaran online secara terbuka (tidak ada
prasyarat) secara masif. Pada awalnya keterbukaan MOOCs
juga diartikan sebagai tanpa biaya atau gratis, namun dalam
perkembangannya model penyelenggaraan MOOCs menjadi
beragam termasuk berbayar jika pembelajar ingin mendapatkan
sertifikat kelulusan misalnya.
MOOCs pada umumnya pembelajaran online murni (fully online),
tetapi sekarang ada juga praktik MOOCs yang blended seperti
yang diselenggarakan oleh The Commonwealth of Learning
(CoL) yang mengkombinasikan penyampaian materi secara
off-line melalui CD dengan interaksi secara online. Dari segi
metode interaksi, kebanyakan MOOCs menggunakan metode
komunikasi asinkronus dengan pendekatan pembelajaran
seperti layaknya di dalam kelas (model desain tipe kelas) dengan
LMS tertentu. Namun demikian, ada juga penyelenggaraan
MOOCs yang dilengkapi dengan pertemuan secara tatap muka
78 79
dan menggunakan metode interaksi yang sinkronus. MOOCs
yang demikian umumnya tidak memiliki peserta yang terlalu
banyak atau tidak terlalu massif.
Secara pedagogi ada dua jenis MOOCs, yaitu apa yang
dikenal dengan cMOOC dan xMOOC. MOOC pertama yang
diselenggarakan oleh George Siemens and Steven Downes pada
2008 merupakan MOOC yang dirancang dengan pendekatan
cMOOCs. Model cMOOCs dirancang berdasarkan pendekatan
konektivisme yang menekankan kepada keterlibatan
pembelajar dalam suatu jejaring/komunitas pembelajaran
secara kolaboratif.
Pada cMOOCs pembelajar diharuskan bersifat aktif untuk
mencari topik yang ingin dipelajarinya dan dalam proses
pembelajaran lebih banyak dilakukan melalui proses diskusi