Page 46 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 46
BAB 03 PEDAGOGI & INTERAKSI
DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Perkembangan pembelajaran daring terus berevolusi seiring dengan
semakin kayanya sumberdaya pembelajaran di internet. Seperti
halnya para connectivist, praktik pembelajaran daring mengarah
pada semakin signifikannya peranan peserta didik dalam proses
pembelajaran, yang dahulu hanya sebagai penerima informasi
dan pengetahuan baru menjadi bagian dari sumber belajar yang
aktif. Dengan kata lain, karena informasi itu sekarang tersedia dan
dapat diakses siapa saja melalui internet, peserta didik menjadi co-
creater of knowledge bersama-sama guru/dosen pengajar. Trend
pedagogi pada pembelajaran daring memperlihatkan fenomena ke
arah fleksibilitas yang lebih tinggi dalam hal kurikulum, penekanan
yang lebih kuat pada otonomi peserta didik, dan khususnya semakin
signifikannya penggunaan teknologi dalam pembelajaran (Contact
North, 2018). Terkait peserta didik, fenomena yang terlihat juga
adalah bahwa dengan adanya media sosial, peserta didik menjadi
terkoneksi lebih intensif satu sama lain sehingga mereka saling
mendukung, saling memberi umpan balik, dan saling berdiskusi
36 37
secara daring. Fenomena ini juga sangat terlihat khususnya dalam
pembelajaran MOOCs.