Page 46 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 46

BAB 03  PEDAGOGI & INTERAKSI
                   DALAM PEMBELAJARAN ONLINE


                 Perkembangan pembelajaran daring terus berevolusi seiring dengan
                 semakin  kayanya  sumberdaya  pembelajaran  di  internet.  Seperti
                 halnya  para  connectivist,  praktik  pembelajaran  daring  mengarah
                 pada  semakin  signifikannya  peranan  peserta  didik  dalam  proses
                 pembelajaran,  yang  dahulu  hanya  sebagai  penerima  informasi
                 dan  pengetahuan  baru  menjadi  bagian  dari  sumber  belajar  yang
                 aktif. Dengan kata lain, karena informasi itu sekarang tersedia dan
                 dapat diakses siapa saja melalui internet, peserta didik menjadi co-
                 creater  of  knowledge  bersama-sama  guru/dosen  pengajar.  Trend
                 pedagogi pada pembelajaran daring memperlihatkan fenomena ke
                 arah fleksibilitas yang lebih tinggi dalam hal kurikulum, penekanan
                 yang lebih kuat pada otonomi peserta didik, dan khususnya semakin
                 signifikannya  penggunaan  teknologi  dalam  pembelajaran  (Contact
                 North,  2018).  Terkait  peserta  didik,  fenomena  yang  terlihat  juga
                 adalah bahwa dengan adanya media sosial, peserta didik menjadi
                 terkoneksi  lebih  intensif  satu  sama  lain  sehingga  mereka  saling
                 mendukung,  saling  memberi  umpan  balik,  dan  saling  berdiskusi
       36                                                                                                                                                          37
                 secara daring. Fenomena ini juga sangat terlihat khususnya dalam
                 pembelajaran MOOCs.
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51