Page 42 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 42

BAB 03  PEDAGOGI & INTERAKSI
                   DALAM PEMBELAJARAN ONLINE


                 Secara  sistematis,  Tabel  3.2  menunjukkan  perbedaan  dari  ketiga
                 jenis pedagogi di atas dari aspek teknologi yang banyak digunakan,
                 kegiatan  pembelajaran  yang  sesuai,  skema  pembelajaran,  skema
                 penyampaian  materi  pembelajaran,  cara  melakukan  evaluasi  hasil
                 belajar, peran pengajar, serta kemampuannya untuk memfasilitasi
                 pembelajaran pada skala besar.

                 Praktik pembelajaran jarak jauh di era digital ini semakin mengarah
                 pada  pembelajaran  secara  daring  (online)  sepenuhnya,  dan  oleh
                 karena  itu  semakin  banyak  yang  merasa  bahwa  pedagogi  yang
                 sesuai  adalah  seperti  yang  ditawarkan  konektivisme  ini.  Praktik-
                 praktik pembelajaran online terbuka seperti Massive Open Online
                 Courses (MOOCs) yang semakin populer juga awalnya menggunakan
                 pendekatan konektivisme, dan disebut cMOOCs. Berkaitan dengan
                 semakin banyaknya praktisi pembelajaran online yang menerapkan
                 pedagogi berbasis konektivisme, maka ada baiknya kita mencermati
                 lebih jauh tentang konektivisme ini.
       32                                                                                                                                                          33
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47