Page 42 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 42
BAB 03 PEDAGOGI & INTERAKSI
DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Secara sistematis, Tabel 3.2 menunjukkan perbedaan dari ketiga
jenis pedagogi di atas dari aspek teknologi yang banyak digunakan,
kegiatan pembelajaran yang sesuai, skema pembelajaran, skema
penyampaian materi pembelajaran, cara melakukan evaluasi hasil
belajar, peran pengajar, serta kemampuannya untuk memfasilitasi
pembelajaran pada skala besar.
Praktik pembelajaran jarak jauh di era digital ini semakin mengarah
pada pembelajaran secara daring (online) sepenuhnya, dan oleh
karena itu semakin banyak yang merasa bahwa pedagogi yang
sesuai adalah seperti yang ditawarkan konektivisme ini. Praktik-
praktik pembelajaran online terbuka seperti Massive Open Online
Courses (MOOCs) yang semakin populer juga awalnya menggunakan
pendekatan konektivisme, dan disebut cMOOCs. Berkaitan dengan
semakin banyaknya praktisi pembelajaran online yang menerapkan
pedagogi berbasis konektivisme, maka ada baiknya kita mencermati
lebih jauh tentang konektivisme ini.
32 33