Page 43 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 43

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE




                       Kemampuan   Skala Besar  Tinggi  Rendah  Medium






                       Peran   Pengajar  Pembuat   materi,   sebagai   pakar/ akhli  Pemimpin   diskusi,   sebagai   pengarah   Teman   yang kritis,   pendamping   ‘perjalanan’   belajar




                       Evaluasi  Hafalan  Sintesis: esai  Menciptakan   artefak



                       Skema Penyampaian   Materi  Terancang dengan   sangat jelas, rinci,   dan tertulis  Cukup terancang, dan   terbimbing dengan   guru sebagai guide/  pengarah  Umumnya pada   tingkatan ‘object´ dan   individual, mencari   hubungan untuk   mendapatkan makna   secara individual









                       Skema   Belajar  Individual  Kelompok  Jejaring   (network)
 32              Tabel 3.2.  Ringkasan Perbedaan Kognitivisme Behaviorisme, Sosial-Konstruktivisme, dan Konektivisme  33




                       Kegiatan   Pembelajaran  Membaca,   Menonton  Diskusi, Mencipta,   Mengkonstruksi  Eksplorasi,   Membangun   koneksi, Berkreasi,   Melakukan Evaluasi






                           Media massa: Buku,   one-to-one  Conferencing   (Audio, Video, Web),   komunikasi many-to-  many   Web 2.0: Jejaring   Sosial, Agregasi  Sumber: Anderson, T. & Dron, J. (2011)
                       Teknologi  Radio, TV, komunikasi






                       Generasi   Pedagogi PJJ  Kognitif-  Behaviorisme  Sosial-  Konstruktivisme  Konektivisme
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48