Page 43 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 43
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Kemampuan Skala Besar Tinggi Rendah Medium
Peran Pengajar Pembuat materi, sebagai pakar/ akhli Pemimpin diskusi, sebagai pengarah Teman yang kritis, pendamping ‘perjalanan’ belajar
Evaluasi Hafalan Sintesis: esai Menciptakan artefak
Skema Penyampaian Materi Terancang dengan sangat jelas, rinci, dan tertulis Cukup terancang, dan terbimbing dengan guru sebagai guide/ pengarah Umumnya pada tingkatan ‘object´ dan individual, mencari hubungan untuk mendapatkan makna secara individual
Skema Belajar Individual Kelompok Jejaring (network)
32 Tabel 3.2. Ringkasan Perbedaan Kognitivisme Behaviorisme, Sosial-Konstruktivisme, dan Konektivisme 33
Kegiatan Pembelajaran Membaca, Menonton Diskusi, Mencipta, Mengkonstruksi Eksplorasi, Membangun koneksi, Berkreasi, Melakukan Evaluasi
Media massa: Buku, one-to-one Conferencing (Audio, Video, Web), komunikasi many-to- many Web 2.0: Jejaring Sosial, Agregasi Sumber: Anderson, T. & Dron, J. (2011)
Teknologi Radio, TV, komunikasi
Generasi Pedagogi PJJ Kognitif- Behaviorisme Sosial- Konstruktivisme Konektivisme