Page 47 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 47

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE









                                               Interaksi dalam
                                       Pembelajaran Online



               K      ita  semua  sependapat  bahwa  interaksi  merupakan  aspek



                      yang  sangat  penting  dalam  suatu  proses  pembelajaran.
                      Pembelajaran  jarak  jauh  utamanya  dicirikan  oleh  adanya
               keterpisahan fisik antara peserta didik dan pengajar. Keterpisahan
               ini tentu berpotensi mempengaruhi tipe dan karakteristik interaksi
               yang  terjadi  (atau  harus  terjadi)  antara  peserta  didik  dengan
               pengajar.  Seperti  disampaikan  oleh  Moore  (1997),  keterpisahan
               dalam  pembelajaran  jarak  jauh  sebenarnya  tidak  hanya  berupa

 36            keterpisahan  secara  geografis  dan  waktu,  namun  juga  ada   37
               keterpisahan  secara  psikologis  dan  komunikasi.  Keterpisahan  ini
               menciptakan  ruang  untuk  terjadinya  miskomunikasi.    Inilah  yang
               dinamakan  oleh  Moore  sebagai  transactional  distance  (jarak
               transaksi).  Besar  kecilnya  jarak  transaksi  ini  dipengaruhi  oleh  tiga
               faktor utama, yaitu: struktur rancangan pembelajaran, dialog antara
               peserta  didik  dan  pengajar,  serta  tingkat  kemandiri  peserta  didik
               dalam belajar (Moore, 1997). Aspek perancangan pembelajaran dan
               aspek dialog dalam pembelajaran jarak jauh tentu juga akan sangat
               dipengaruhi oleh media yang tersedia dan yang digunakan.


               Dalam  pembelajaran  jarak  jauh,  aspek  rancangan  pembelajaran
               tertuangkan  dalam  format  materi  pembelajaran  yang  akan
               digunakan  oleh  peserta  didik.  Sementara  itu,  aspek  dialog  yang
               dalam  teori  transactional  distance  hanya  merujuk  pada  interaksi
               antara peserta didik dengan pengajar, sebenarnya juga mengandung
               makna interaksi antara peserta didik dengan peserta didik lainnya
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52