Page 47 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 47
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Interaksi dalam
Pembelajaran Online
K ita semua sependapat bahwa interaksi merupakan aspek
yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran.
Pembelajaran jarak jauh utamanya dicirikan oleh adanya
keterpisahan fisik antara peserta didik dan pengajar. Keterpisahan
ini tentu berpotensi mempengaruhi tipe dan karakteristik interaksi
yang terjadi (atau harus terjadi) antara peserta didik dengan
pengajar. Seperti disampaikan oleh Moore (1997), keterpisahan
dalam pembelajaran jarak jauh sebenarnya tidak hanya berupa
36 keterpisahan secara geografis dan waktu, namun juga ada 37
keterpisahan secara psikologis dan komunikasi. Keterpisahan ini
menciptakan ruang untuk terjadinya miskomunikasi. Inilah yang
dinamakan oleh Moore sebagai transactional distance (jarak
transaksi). Besar kecilnya jarak transaksi ini dipengaruhi oleh tiga
faktor utama, yaitu: struktur rancangan pembelajaran, dialog antara
peserta didik dan pengajar, serta tingkat kemandiri peserta didik
dalam belajar (Moore, 1997). Aspek perancangan pembelajaran dan
aspek dialog dalam pembelajaran jarak jauh tentu juga akan sangat
dipengaruhi oleh media yang tersedia dan yang digunakan.
Dalam pembelajaran jarak jauh, aspek rancangan pembelajaran
tertuangkan dalam format materi pembelajaran yang akan
digunakan oleh peserta didik. Sementara itu, aspek dialog yang
dalam teori transactional distance hanya merujuk pada interaksi
antara peserta didik dengan pengajar, sebenarnya juga mengandung
makna interaksi antara peserta didik dengan peserta didik lainnya