Page 49 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 49

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE




























                       Gambar 3.2. Interaksi Pembelajaran dari Moore dan
                                             Teori Community of Inquiry (adapatasi
                                    dari Saadatmand et al. (2017)


 38                                                                           39
               Community  of  Inquiry  (CoI)  adalah  suatu  kerangka  pikir  untuk
               mengevaluasi  desain  pembelajaran,  pengalaman  belajar,  dan
               interaksi dalam pendidikan jarak jauh dan online yang dikembangkan
               oleh Garrison, Anderson, dan Archer (2000).  Menurut CoI, ada tiga
               komponen yang saling terkait dalam pembelajaran online, yaitu apa
               yang disebut dengan cognitive presence, social presence, dan teaching
               presence. Kata ‘presence’ di sini diartikan sebagai suatu ‘perasaan’
               keterlibatan  aktif  peserta  didik  dalam  proses  pembelajaran.
               Dari  Gambar  3.2  terlihat  bahwa  CoI  mengartikan  ‘belajar’  dalam
               pembelajaran online sebagai proses inkuiri yang menuntut keaktifan
               peserta didik untuk berinteraksi dengan pengajar, dengan sesama
               pesera didik lainnja, dan dengan materi pembelajaran (Saadatmand
               et al., 2017).




                                                                                                                                             Peserta Didik
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54