Page 49 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 49
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Gambar 3.2. Interaksi Pembelajaran dari Moore dan
Teori Community of Inquiry (adapatasi
dari Saadatmand et al. (2017)
38 39
Community of Inquiry (CoI) adalah suatu kerangka pikir untuk
mengevaluasi desain pembelajaran, pengalaman belajar, dan
interaksi dalam pendidikan jarak jauh dan online yang dikembangkan
oleh Garrison, Anderson, dan Archer (2000). Menurut CoI, ada tiga
komponen yang saling terkait dalam pembelajaran online, yaitu apa
yang disebut dengan cognitive presence, social presence, dan teaching
presence. Kata ‘presence’ di sini diartikan sebagai suatu ‘perasaan’
keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.
Dari Gambar 3.2 terlihat bahwa CoI mengartikan ‘belajar’ dalam
pembelajaran online sebagai proses inkuiri yang menuntut keaktifan
peserta didik untuk berinteraksi dengan pengajar, dengan sesama
pesera didik lainnja, dan dengan materi pembelajaran (Saadatmand
et al., 2017).
Peserta Didik