Page 48 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 48

BAB 03  PEDAGOGI & INTERAKSI
                   DALAM PEMBELAJARAN ONLINE


                 dan  antara  peserta  didik  dengan  materi  pembelajaran.  Bahkan
                 sebelum  memperkenalkan  teori  transactional  distance,  Moore
                 (1989)  mengemukakan  bahwa  ada  tiga  tipe  interaksi  yang  terjadi
                 dalam suatu proses pembelajaran, yaitu interaksi antara: (1) peserta
                 didik  dengan  materi  pembelajaran  (learner-content),  (2)  peserta
                 didik  dengan  pengajar  (learner-instructor),  dan  (3)  peserta  didik
                 dengan  peserta  didik  lainnya  (learner-learner)  seperti  ditunjukkan
                 pada  Gambar  3.2.  Dalam  pembelajaran  online,  interaksi  antara
                 peserta  didik  dengan  pengajar  dan  peserta  didik  lainnya  tentu
                 terjadi secara online pula. Teknologi yang digunakan untuk interaksi
                 yang  bersifat  sinkronus  misalnya  video-conferencing  dan  online
                 chat,  sedangkan  untuk  interaksi  asinkronus  misalnya  e-mail  dan
                 discussion  boards  (Kearsley  in  Zimmerman,  2012).  Sementara  itu,
                 interaksi  peserta  didik  dengan  materi  pembelajaran  merupakan
                 inti dari kegiatan pembelajaran dimana peserta didik benar-benar
                 melakukan aktivitas ‘belajar’ dengan upaya memahami materi yang
                 dipelajari melalui aktivitas membaca, membuat highlight, membuat
       38                                                                                                                                                          39
                 rangkuman, ataupun mengerjakan soal-soal latihan.

                 Ketiga tipe interaksi dalam pembelajaran ini saling mendukung dalam
                 memberikan  pengalaman  belajar  bagi  peserta  didik.  Saadatmand
                 et  al.  (2017)  menyebutkan  bahwa  jika  kita  kaitkan  Teori  Interaksi
                 Moore ini dengan teori Community of Inquiry (CoI), interaksi antar
                 sesama peserta didik akan menciptakan pengalaman sosial (social
                 presence),  interaksi  peserta  didik  dengan  materi  pembelajaran
                 akan  menghadirkan  pengalaman  interaksi  secara  kognitif  dengan
                 materi  pembelajaran  (cognitive  presence),  dan  interaksi  peserta
                 didik dengan pengajar akan menciptakan pengalaman belajar yang
                 terancang secara sistematik oleh pengajar (teaching presence).
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53