Page 148 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 148

Simintas UT yang dikembangkan pada tahun 2002 tersebut terdiri dari 9
                 komponen  kegiatan utama  dan  107  kebijakan kualitas,  yang dituangkan
                 dalam pernyataan-pernyataan praktik baik.  Kesembilan komponen tersebut
                 disajikan pada Tabel 1.


                                             Tabel 1.
                                        Simintas UT Tahun 2002

                          Komponen                                   Pernyataan
                  No.                         Kebijakan Kualitas
                          Simintas                                   Praktik Baik
                   1.  Kebijakan dan peren- UT menentukan sendiri misi dan tujuannya   7
                      canaan         yang menggambarkan komitmen akademik
                                     dan kebutuhan masyarakat.
                   2.  Pengadaan dan   Sistem manajemen SDM memenuhi syarat   9
                      pengembangan   bagi pelayanan pendidikan dan pelatihan
                      sumber daya manu-  yang diberikan. UT menyusun program
                      sia (SDM)      pengembangan dan pelatihan sehingga staf
                                     dapat melaksanakan tugas secara efektif.
                   3.  Manajemen dan   UT mempunyai jalur-jalur komunikasi yang   21
                      administrasi   jelas dan efektif, manajemen sumber daya
                                     yang efisien, sistem administrasi yang baik,
                                     dan manajemen keuangan yang sehat untuk
                                     dapat memberikan pelayanan pendidikan
                                     yang dapat dipercaya.
                   4.  Mahasiswa     UT memiliki sistem pengumpulan informasi   10
                                     yang rinci tentang mahasiswa. UT menggu-
                                     nakan informasi ini sebagai masukan untuk
                                     semua aspek kebijakan dan perencanaan,
                                     pengembangan program dan mata kuliah,
                                     pelayanan pendukung, dan seluruh sistem
                                     pembelajaran.











                 138
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153