Page 153 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 153
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
oleh UT melalui Pedoman Simintas dan SK Rektor, maupun oleh Pemerintah
melalui Undang-Undang, Keputusan Presiden, Permendikbud, dan Surat
Edaran Dirjen Dikti.
UT melalui koordinasi Pusmintas telah mengimplementasikan Simintas untuk
memastikan penjaminan kualitas dari seluruh produk maupun kegiatan
yang ada di UT. Sejak diresmikan sebagai pusat yang bertanggung jawab
terhadap penjaminan kualitas di UT pada tahun 2003, Pusmintas telah
mengkoordinasikan penyusunan pedoman kerja bagi seluruh unit kerja di UT.
Pedoman kerja tersebut dikembangkan berdasarkan kesembilan komponen
kualitas Simintas UT tahun 2002. Pada tahun 2004 telah diterbitkan sebanyak
197 Pedoman Simintas untuk seluruh unit kerja di UT, yang dikuatkan
dengan SK Rektor UT Nomor 275/J31/KEP/2004 tanggal 1 November 2004.
Sejak itu pedoman kerja UT selalu ditinjau kembali secara periodik sejalan
dengan diberlakukannya kebijakan dan aturan kerja yang baru dan semakin
berkembangnya SDM dan sumber daya lain.
Pada tahun 2007 telah dilakukan revisi Pedoman Simintas dalam rangka
persiapan pencapaian ISO 9001:2000 dalam Bidang Manajemen Layanan
Belajar Jarak Jauh di 11 UPBJJ-UT dan Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan
Ujian. Pedoman yang berhasil direvisi untuk mendukung implementasi
Simintas di lingkungan UT sebanyak 81 pedoman. Pedoman Simintas
tersebut dikukuhkan penggunaannya dengan SK Rektor UT Nomor 2436/J31/
KEP/2007. Pedoman kerja yang telah direvisi ini diubah bentuknya menjadi 3
jenjang, mulai dari (1) pedoman kualitas (Quality Manual), (2) prosedur kerja
(Procedure Manual), dan (3) petunjuk kerja (Work Instruction). Bersamaan
dengan dilakukannya revisi pedoman kerja, semua format yang digunakan
dalam pelaksanaan pekerjaan diperbaiki dan diubah namanya menjadi
rekaman (Forms).
143