Page 149 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 149

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI


                               Komponen                                   Pernyataan
                       No.                         Kebijakan Kualitas
                                Simintas                                  Praktik Baik
                        5.  Rancangan dan   Program dirancang dan dikembangkan den-  6
                           pengembangan   gan mempertimbangkan kebutuhan maha-
                           program        siswa, pengguna lulusan, dan masyarakat
                                          untuk mendorong akses pada pendidikan
                                          yang berkualitas, dan untuk mengembang-
                                          kan metode penilaian yang sesuai dengan
                                          maksud dan tujuan program.
                        6.  Rancangan dan   Silabus dan isi matakuliah dikaji dengan   14
                           pengembangan   seksama. Bahan ajar mempunyai tujuan dan
                           mata kuliah    hasil, isi, cara belajar dan mengajar, serta cara
                                          penilaian yang sesuai, dan dinyatakan secara
                                          jelas. Harus ada proses pengembangan dan
                                          penelaahan matakuliah yang ditetapkan.
                        7.  Bantuan belajar bagi  Bantuan kepada  mahasiswa diberikan me-  18
                           mahasiswa      lalui berbagai  kesempatan untuk menga-
                                          dakan komunikasi dua arah dengan meng-
                                          gunakan berbagai teknologi untuk tutorial
                                          jarak jauh, tutorial tatap muka, pembimbin-
                                          gan, konseling, dan stimulasi kelompok be-
                                          lajar. UT memperhatikan kebutuhan maha-
                                          siswa akan sarana fisik serta sumber belajar.

                        8.  Penilaian mahasiswa Penilaian yang menjadi cirri penting proses   15
                                          bekajar mengajar dikelola dengan baik dan
                                          merefleksikan standar eksternal.
                        9.  Media pembelajaran Pemanfaatan media merefleksikan kebutu-  7
                                          han belajar dan mengajar. Pemilihan media
                                          mempertimbangkan latar belakang dan
                                          kemampuan mahasiswa, tutor, karakteristik
                                          matakuliah, akses mahasiswa pada teknolo-
                                          gi yang dipergunakan, dan rancangan in-
                                          struksional.
                                 Total                                      107
                      Sumber: Simintas Universitas Terbuka, 2002




                                                                                 139
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154