Page 149 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 149
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Komponen Pernyataan
No. Kebijakan Kualitas
Simintas Praktik Baik
5. Rancangan dan Program dirancang dan dikembangkan den- 6
pengembangan gan mempertimbangkan kebutuhan maha-
program siswa, pengguna lulusan, dan masyarakat
untuk mendorong akses pada pendidikan
yang berkualitas, dan untuk mengembang-
kan metode penilaian yang sesuai dengan
maksud dan tujuan program.
6. Rancangan dan Silabus dan isi matakuliah dikaji dengan 14
pengembangan seksama. Bahan ajar mempunyai tujuan dan
mata kuliah hasil, isi, cara belajar dan mengajar, serta cara
penilaian yang sesuai, dan dinyatakan secara
jelas. Harus ada proses pengembangan dan
penelaahan matakuliah yang ditetapkan.
7. Bantuan belajar bagi Bantuan kepada mahasiswa diberikan me- 18
mahasiswa lalui berbagai kesempatan untuk menga-
dakan komunikasi dua arah dengan meng-
gunakan berbagai teknologi untuk tutorial
jarak jauh, tutorial tatap muka, pembimbin-
gan, konseling, dan stimulasi kelompok be-
lajar. UT memperhatikan kebutuhan maha-
siswa akan sarana fisik serta sumber belajar.
8. Penilaian mahasiswa Penilaian yang menjadi cirri penting proses 15
bekajar mengajar dikelola dengan baik dan
merefleksikan standar eksternal.
9. Media pembelajaran Pemanfaatan media merefleksikan kebutu- 7
han belajar dan mengajar. Pemilihan media
mempertimbangkan latar belakang dan
kemampuan mahasiswa, tutor, karakteristik
matakuliah, akses mahasiswa pada teknolo-
gi yang dipergunakan, dan rancangan in-
struksional.
Total 107
Sumber: Simintas Universitas Terbuka, 2002
139