Page 145 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 145

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      dapat terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat, dunia usaha,
                      asosiasi profesi, maupun pemerintah.  Kualitas perguruan tinggi di Indonesia
                      tentunya ditentukan oleh kesesuaian penyelenggaraan perguruan tinggi
                      dengan Standar Nasional Pendidikan dan dengan standar yang ditetapkan
                      oleh masing-masing perguruan tinggi sendiri berdasarkan visi dan misinya.
                      Keseriusan pemerintah dalam menekankan pentingnya penjaminan kualitas
                      di dunia pendidikan tinggi di Indonesia diwujudkan dengan diterbitkannya
                      dokumen Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT)`pada tahun
                      2006. SPMPT menekankan perlunya setiap perguruan tinggi untuk melakukan
                      penjaminan mutu melalui sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dan sistem
                      penjaminan mutu eksternal (SPME).
                      Pengukuran kualitas akademik perguruan tinggi di Indonesia secara eksternal
                      dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan  Tinggi (BAN-PT),
                      yang penilaiannya dilakukan setiap 5 tahun. Sementara itu, pengukuran
                      kualitas akademik perguruan tinggi secara internal dilakukan oleh lembaga
                      pendidikan tinggi yang bersangkutan. Pengukuran kualitas atau penilaian
                      kualitas akademik secara internal dapat dilakukan setiap semester atau
                      minimal setiap  tahun sekali, atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing
                      lembaga perguruan tinggi. Hasil dari penjaminan kualitas secara internal
                      digunakan untuk kepentingan perbaikan secara berkelanjutan (continuous
                      improvement), untuk mengembangkan perguruan tinggi yang bersangkutan.
                      Di sisi lain, penilaian kualitas manajemen perguruan tinggi secara eksternal
                      dapat dilakukan oleh Badan Sertifikasi seperti ISO atau Malcom Baldridge.

                      Artikel ini menjelaskan tentang perjalanan penjaminan kualitas di UT dari
                      mulai dirintis pada tahun 2001 sampai dengan pencapaian implementasinya
                      pada tahun 2014, serta upaya penjaminan kualitas yang ingin dicapai di era
                      informasi digital saat ini.



                      2.  Penjaminan Kualitas di Universitas Terbuka

                      Sejak tahun 2001 kualitas telah menjadi fokus yang penting dan dituangkan
                      dalam Rencana Operasional UT  Tahun 2001-2005, di mana peningkatan




                                                                                 135
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150