Page 140 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 140
Kinerja (Performance Management). Ukuran-ukuran kinerja ditetapkan di
awal dan selama pelaksanaannya dilakukan monitoring dan pencatatan
hasil pencapaiannya yang biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik-
grafik yang mudah dipahami. Grafik-grafik yang menyatakan ukuran
ukuran kinerja biasanya disebut dengan Dashboard (bandingkan dengan
dashboard mobil yang menampilkan kondisi banyak hal tentang mobil:
sisa bahan bakar minyak, kecepatan, jarak tempuh, dll). Aplikasi ini sangat
membutuhkan pemutakhiran dari lapangan agar nilai-nilai ukuran kinerja
yang ada dalam dashboard menjadi bernilai, sehingga kecepatan dan
kualitas komunikasi dan umpan balik dapat diperoleh.
4. Penutup
Universitas Terbuka sangat sadar sebagai sebuah lembaga yang besar
perlu mempunyai sarana dan prasarana TIK yang handal untuk menunjang
komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam menjalankan
kegiatan operasional. Sarana dan Prasarana yang telah dikembangkan dan
digunakan oleh UT antara lain jaringan telekomunikasi dan jaringan komputer
yang menghubungan seluruh kantor dan karyawan serta pihak luar Universitas
Terbuka; peralatan dan aplikasi yang memungkinkan komunikasi suara, data
dan video antar-pemangku kepentingan seperti website, email, dan aplikasi
persuratan.
Untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan koordinasi di masa yang akan
dating, UT perlu mengembangkan beberapa aplikasi lain seperti aplikasi
jadwal kegiatan yang terintegrasi dengan email yang memungkinkan
pemilihan jadwal kegiatan yang mudah dan cepat serta meminimalkan
kemungkinan jadwal bentrok, aplikasi manajemen dokumen dan arus kerja
yang memungkinkan pencatatan umpan balik, aplikasi manajemen kinerja
yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan koordinasi serta umpan balik
dalam hal pengukuran indikator kinerja kunci organisasi. Dengan tersedianya
aplikasi ini maka situasi terkini (nearly real time) dapat dimonitor kapan saja
dan dari mana saja. Hal ini memungkinkan dilakukannya tindakan tanggapan
untuk memastikan bahwa kinerja organisasi sesuai dengan yang diharapkan.
130