Page 135 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 135
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
d. Surat Elektronik atau E-mail
Seluruh karyawan UT diberi akun E-mail dengan domain alamat ut.ac.
id dan ecampus.ut.ac.id sebagai identitas dan alat untuk berkomunikasi
secara elektronik. Penggunaaan e-mail sangat membantu operasional
UT dan menghemat biaya pengiriman dan biaya kertas. Dengan adanya
e-mail ini seluruh karyawan UT di seluruh Indonesia dapat berkomunikasi
dengan baik.
e. Facebook dan Twitter
UT mempunyai akun resmi pada Facebook dan Twitter yang dikelola oleh
bagian Humas. Dengan hadirnya UT pada media sosial ini maka informasi
tentang kegiatan UT kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa dapat
dilakukan dengan cepat dan interaktif.
f. Aplikasi Manajemen Pelayanan Pelanggan (CRM)
Aplikasi ini dikelola oleh unit Pelayanan Mahasiswa di BAAPM dan
merupakan aplikasi yang untuk menerima menerima pertanyaan,
masukan, ataupun keluhan dari mahasiswa tentang pelayanan UT dan
masyarakat umum. Dengan aplikasi ini mahasiswa bisa mengetahui
kemajuan penyelesaian pertanyaan/keluhan yang terkirim.
g. Video Conferencing
Perangkat Video Conferencing (Vicon) telah dimiliki oleh UT Pusat dan
seluruh UPBJJ. Vicon mempergunakan teknologi komunikasi yang
memadukan media suara dan gambar bergerak sehingga memungkinkan
terjadinya komunikasi tatap muka dua arah antara beberapa orang
di tempat berbeda-beda. Fasilitas Vicon UT juga dapat menampilkan
pembicara dan materi pembicaraan secara simultan sehingga
mempermudah pemahaman materi yang sedang dibicarakan. Supaya
vicon ini dapat berfungsi dengan maksimal, UT juga mempunyai Unit
Kontrol Multititik (MCU) yang berfungsi mengatur koneksi antar seluruh
UPBJJ. Perangkat Vicon ini dipergunakan untuk melakukan koordinasi
antara UT Pusat dan UPBJJ. Seluruh unit UT yang ingin berkoordinasi
dengan UPBJJ mempergunakan alat ini. Beberapa kegiatan yang
125