Page 132 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 132

Secara mikro, maka terjadi komunikasi antar pimpinan UT serta unit-unit yang
                 ada di UT Pusat dan di UPBJJ. Misalnya, bagaimana kebijakan pimpinan dalam
                 hal registrasi matakuliah, pembayaran uang kuliah, ataupun mekanisme
                 interaksi mahasiswa diimplementasikan secara operasional. Hal yang
                 terpenting dalam komunikasi mikro ini adalah bahwa komunikasi yang terjadi
                 antar-unit mudah dilakukan secara timbal balik, serta komunikasi yang terjadi
                 meningkatkan kualitas proses (bagi ke dua belah pihak).
                 Dengan mengacu penjabaran di atas serta kebutuhan sistem teknologi ditinjau
                 dari perspektif B–O–S, maka sebagai organisasi bisnis UT dapat dipengaruhi
                 faktor-faktor eksternal sebagai berikut.
                 £     Regulator, yaitu pemerintah Republik Indonesia. Dalam hal ini regulasi
                    menempatkan UT sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam
                    menyediakan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat.
                 £     Vendor, yaitu penyedia barang dan jasa untuk menunjang proses
                    kegiatan UT. Secara khusus, para dosen yang bukan pegawai tetap UT
                    serta lembaga-lembaga di luar UT yang bekerjasama dengan UT dapat
                    dikelompokkan sebagai vendor.

                 £     Customer, yaitu pelanggan yang dilayani oleh UT, khususnya para
                    mahasiswa yang terdaftar.
                 Tujuan “bisnis” UT adalah menyediakan layanan pendidikan jarak jauh. Tujuan
                 bisnis ini dapat dikelompokKan sebagai bisnis di bidang jasa yang kualitasnya
                 sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan/mahasiswa. Dengan demikian,
                 kecepatan komunikasi selama memberikan pelayanan dan juga mendapatkan
                 umpan balik dengan pelanggan sangat penting. Untuk menunjang tujuan
                 bisnis utama  tersebut, UT   didukung unit-unit organisasi  yang tersebar
                 di banyak wilayah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini
                 membutuhkan  sebuah  sarana  dan prasarana  yang tepat, cepat dan akurat
                 agar proses bisnis dapat berjalan mendukung tujuan bisnis yang utama.
                 Berdasarkan  hal-hal  diatas  dapat  digambarkan kebutuhan komunikasi
                 dan koordinasi serta pilihan teknologi yang memungkinkan terlaksananya
                 komunikasi dan koordinasi tersebut sebagaimana digambarkan pada Tabel 1.



                 122
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137