Page 128 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 128

website UT (www.ut.ac.id), website internal UT (staff.ut.ac.id), majalah Komunika
                 digital, ataupun Suara  Terbuka. Sementara itu untuk komunikasi dua arah
                 secara langsung (tatap muka) dimungkinkan dengan tersedianya fasilitas video
                 conferencing (Vicon) yang telah tersedia di UT Pusat dan seluruh UPBJJ. Dari sisi
                 perangkat lunak, tersedia fasilitas  e-mail untuk seluruh karyawan UT (baik di
                 UT Pusat maupun di seluruh UPBJJ), aplikasi persuratan yang memungkinkan
                 informasi segera disampaikan kepada pihak yang berkepentingan, mailing list
                 rektor untuk semua pejabat di UT Pusat dan UPBJJ, mailing list TIK untuk staf
                 TIK di UT Pusat dan di UPBJJ, mailing list untuk staf Fakultas, serta akun resmi
                 Facebook dan Twitter UT yang juga tersedia untuk sarana komunikasi antar
                 “teman”UT.
                 Melihat perkembangan UT yang demikian pesat, baik dari organisasi maupun
                 jumlah mahasiswanya, maka kebutuhan komunikasi dan koordinasi baik di
                 tingkat operasional maupun tataran manajerial menjadi penting. Semakin
                 besar cakupan organisasi dan peserta didik, serta semakin banyak proses
                 dan  pemangku kepentingan yang terlibat,  maka diperlukan sebuah sistem
                 komunikasi dan koordinasi berbasis TIK yang tidak sekedar memungkinkan
                 terjadinya tukar menukar informasi, tetapi juga menyediakan data dan
                 informasi yang memungkinkan terbentuknya proses menjadi lebih produktif,
                 efisien dan menjadikan UT  tidak hanya sebagai organisasi yang cepat tanggap,
                 tetapi juga kompetitif karena terbentuknya sistem komunikasi dan koordinasi
                 berbasis TIK yang handal.



                 2.  Landasan Pemikiran
                 Pengembangan sebuah sistem komunikasi dan koordinasi berbasis  TIK
                 agar tidak sekedar sebagai sarana berbagi informasi, tetapi juga yang
                 memungkinkan terjadinya pertambahan nilai bisnis dapat dilakukan dengan
                 memperhatikan beberapa prinsip sebagai berikut.

                 a.  Komunikasi dalam Organisasi
                    Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya
                    memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat



                 118
   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133