Page 130 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 130
1. Aspek Bisnis (B), artinya TIK harus memberikan dukungan otomasi
proses/transaksi yang efisien dan meningkatkan nilai tambah
bisnis. Tentu saja fokus peningkatan tersebut dibedakan terhadap
bisnis proses utama dan juga peningkatan terhadap bisnis proses
pendukung.
2. Aspek Organisasi (O), artinya TIK yang dikembangkan bisa
menyediakan fasilitas untuk melakukan perencanaan, monitoring
dan pengawasan terhadap kegiatan operasional maupun strategis.
3. Aspek Sistem (S), artinya TIK yang dikembangkan merupakan sebuah
sistem, tidak hanya alat yang menunjang aspek bisnis dan aspek
organisasi saja.
Menurut Ronald Thomson (2005), sebuah organisasi sebagai sebuah sistem
mempunyai model seperti dalam Gambar 2.
Gambar 2.
Organisasi Sebagai Sebuah Sistem
Sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya selalu berinteraksi
(berkomunikasi) dengan lingkungannya dengan menerima masukan,
mentranformasi masukan dan menghasilkan keluaran. Setiap keluaran
yang ada juga akan menghasilkan umpan balik ke organisasi. Dengan
adanya keluaran tersebut, baik transformasi masukan ataupun umpan balik,
diharapkan organisasi dapat memanfaatkannya untuk melakukan aksi
120