Page 130 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 130

1.  Aspek  Bisnis (B), artinya TIK harus memberikan dukungan otomasi
                        proses/transaksi yang efisien dan meningkatkan nilai tambah
                        bisnis. Tentu saja fokus peningkatan tersebut dibedakan terhadap
                        bisnis proses utama dan juga peningkatan terhadap bisnis proses
                        pendukung.

                    2.  Aspek  Organisasi  (O), artinya  TIK yang dikembangkan bisa
                        menyediakan fasilitas untuk melakukan perencanaan, monitoring
                        dan pengawasan terhadap kegiatan operasional maupun strategis.

                    3.  Aspek Sistem (S), artinya TIK yang dikembangkan merupakan sebuah
                        sistem, tidak hanya alat yang menunjang aspek bisnis dan aspek
                        organisasi saja.
                 Menurut Ronald Thomson (2005), sebuah organisasi sebagai sebuah sistem
                 mempunyai model seperti dalam Gambar 2.




















                                            Gambar 2.
                                   Organisasi Sebagai Sebuah Sistem


                 Sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya selalu berinteraksi
                 (berkomunikasi) dengan lingkungannya dengan menerima masukan,
                 mentranformasi masukan dan menghasilkan keluaran. Setiap keluaran
                 yang ada juga akan menghasilkan umpan balik ke organisasi. Dengan
                 adanya keluaran tersebut, baik transformasi masukan ataupun umpan balik,
                 diharapkan organisasi dapat memanfaatkannya untuk melakukan aksi




                 120
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135