Page 131 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 131
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
tanggapan (respon) terhadap umpan balik, untuk memperbaiki dan/atau
meningkatkan proses ataupun keputusan. Dengan demikian sebuah TIK
pendukung komunikasi dan koordinasi yang ada harus dapat mendukung/
menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
£ Apakah masukannya tersedia dan kualitasnya bagus?
£ Apakah informasi yang ada (internal atau eksternal) akurat?
£ Apakah keluaran yang dihasilkan cukup berguna?
£ Apakah proses transformasinya efisien, efektif dan fleksibel?
£ Apakah bisa diambil keputusan yang efisien dan efektif?
3. Pengembangan Infrastruktur TIK untuk Komunikasi dan Koordinasi
Kerangka pengembangan sistem komunikasi dan koordinasi berbasis TIK di
UT yang akan dijabarkan di sini dibangun dengan memperhatikan keterkaitan
UT sebagai organisasi penyelenggara sebuah kegiatan bisnis—dalam hal ini
penyelenggara kegiatan pendidikan jarak jauh—yang melakukan komunikasi
dan koordinasi dengan unsur-unsur organisasi yang ada. Berdasarkan
keterkaitan dan hubungan yang ada diidentifikasi bentuk-bentuk sistem
komunikasi dan koordinasi berbasis TIK, serta bentuk aplikasinya yang dapat
dipergunakan.
Secara makro, maka hubungan komunikasi yang terjadi adalah antara
Manajemen Organisasi dengan lingkungannya. Dalam konteks UT, manajemen
terdiri dari unsur pimpinan pusat dan unit-unit pelaksana kegiatan operasional
dan kemudian terdapat ”kelompok” mahasiswa. Hubungan antara Manajemen
dengan unit organisasi pelaksana dan”kelompok” mahasiswa bersifat strategi
dan mengatur agar tujuan dan program-program organisasi yang dijabarkan
oleh manajemen dapat tercapai dan diikuti oleh unit-unit yang ada. Hal
yang terpenting di dalam komunikasi makro ini adalah bagaimana strategi
dan arahan dapat dikomunikasikan dengan benar dan baik, serta bagaimana
mendapatkan informasi umpan balik terhadap strategi dan arahan yang ada,
sehingga diketahui situasi yang benar/status dari kinerja organisasi.
121