Page 158 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 158
Dari sisi pengembangan pedoman kerja, jumlah pedoman kerja yang telah
diimplementasikan di unit-unit di UT sampai dengan tahun 2013 disajikan
pada Tabel 3 dan Tabel 4. Tabel 3 menyajikan jumlah prosedur dan petunjuk
kerja yang telah dikembangkan untuk mendukung kegiatan sertifikasi ISO
9001:2008 dan yang telah diimplementasikan sepanjang tahun 2012.
Pedoman kualitas antara lain menjelaskan tentang profil organisasi, sistem
manajemen kualitas, ruang lingkup, tanggung jawab manajemen, visi, misi,
kebijakan dan sasaran kualitas yang harus dicapai organisasi, wakil manajemen,
tinjauan manajemen, dan sumber daya yang diperlukan. Prosedur meliputi
penjelasan tentang tujuan prosedur, ruang lingkup pekerjaan, definisi-definisi
yang terkait, ketentuan umum, serta memuat daftar dokumen yang perlu
diacu dalam melaksanakan pekerjaan seperti kebijakan, aturan, dan risalah
rapat. Petunjuk kerja adalah langkah-langkah atau cara kerja yang harus
dilaksanakan oleh petugas pelaksana pekerjaan.
Contoh Pedoman dan kelengkapannya untuk mendukung persiapan sertifikasi
ISO 9001:2008 adalah Pedoman Kualitas Layanan Belajar Jarak Jauh UPBJJ-
UT, yang dilengkapi dengan Prosedur Pengukuran Kepuasan Mahasiswa
atas Layanan UPBJJ JKOP dan Petunjuk Kerja Pengolahan Data Kepuasan
Mahasiswa Terhadap Layanan UPBJJ-UT, yang dilengkapi dengan beberapa
rekaman kerja seperti Format Rencana Distribusi Angket Kepuasan Mahasiswa
dan Angket Penilaian Kepuasan Mahasiswa Non Pendas atas Layanan UT.
148