Page 158 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 158

Dari sisi pengembangan pedoman kerja, jumlah pedoman kerja yang telah
                 diimplementasikan di unit-unit di UT sampai dengan tahun 2013 disajikan
                 pada Tabel 3 dan Tabel 4. Tabel 3 menyajikan jumlah prosedur dan petunjuk
                 kerja yang telah dikembangkan untuk mendukung kegiatan sertifikasi ISO
                 9001:2008 dan yang telah diimplementasikan sepanjang tahun 2012.

                 Pedoman kualitas antara lain menjelaskan tentang profil organisasi, sistem
                 manajemen kualitas, ruang lingkup, tanggung jawab manajemen, visi, misi,
                 kebijakan dan sasaran kualitas yang harus dicapai organisasi, wakil manajemen,
                 tinjauan manajemen, dan sumber daya yang diperlukan. Prosedur meliputi
                 penjelasan tentang tujuan prosedur, ruang lingkup pekerjaan, definisi-definisi
                 yang  terkait,  ketentuan  umum,  serta  memuat  daftar  dokumen  yang  perlu
                 diacu dalam melaksanakan pekerjaan seperti kebijakan, aturan, dan risalah
                 rapat. Petunjuk kerja adalah langkah-langkah atau cara kerja yang harus
                 dilaksanakan oleh petugas pelaksana pekerjaan.
                 Contoh Pedoman dan kelengkapannya untuk mendukung persiapan sertifikasi
                 ISO 9001:2008 adalah Pedoman Kualitas Layanan Belajar Jarak Jauh UPBJJ-
                 UT, yang dilengkapi dengan Prosedur Pengukuran Kepuasan Mahasiswa
                 atas Layanan UPBJJ JKOP dan Petunjuk Kerja Pengolahan Data Kepuasan
                 Mahasiswa Terhadap Layanan UPBJJ-UT, yang dilengkapi  dengan beberapa
                 rekaman kerja seperti Format Rencana Distribusi Angket Kepuasan Mahasiswa
                 dan Angket Penilaian Kepuasan Mahasiswa Non Pendas atas Layanan UT.























                 148
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163