Page 160 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 160
No Lingkup Pedoman
9 Penilaian dan Evaluasi Mahasiswa 0
10 Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 14
Jumlah 78
Sumber: Pusmintas, 2013
Pada Tabel 4 dapat dilihat bahwa tidak terdapat Pedoman Non ISO untuk
lingkup 6 Rancangan dan pengembangan program mata kuliah serta lingkup
9 Penilaian dan evaluasi mahasiswa. Pedoman yang dikembangkan untuk
lingkup 6 dan 9 terrsebut termasuk dalam pedoman kerja yang digunakan
untuk sertifikasi ISO.
Contoh Pedoman untuk kegiatan yang tidak disertifikasi ISO sampai dengan
tahun 2013 adalah Pedoman Penyusunan Kebijakan, Pedoman Rekrutmen
dan Pensiun Pegawai, Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum
Universitas Terbuka, Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Kemahasiswaan,
Pedoman Pembukaan dan Penutupan Program Studi, Pedoman Penulisan
Naskah Akademik Program Studi, Pedoman Pemanfaatan Bimbingan
Akademik, Pedoman Pengelolaan Penelitian, dan Pedoman Pelatihan PPSDM.
5. Pengakuan terhadap Kualitas UT
Sebagai upaya untuk mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal terhadap
pencapaian kualitas UT, pada tahun 2005 UT mengundang ICDE—sebuah
organisasi pendidikan terbuka dan jarak jauh tingkat dunia—yang berkantor
pusat di Norwegia—untuk menilai kualitas penyelenggaraan pendidikan jarak
jauh UT. UT berhasil mendapatkan pengakuan internasional dalam bentuk
Certificate of Quality and International Accreditation dari ICDE pada tahun
yang sama. Akreditasi ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun. Kualitas
penyelengaraan pendidikan UT telah direviu ulang pada bulan Oktober tahun
2010.
150