Page 163 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 163

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      mengembangkan Simintas melalui suatu proses evaluasi diri yang melibatkan
                      jajaran pimpinan dan staf baik di Kantor Pusat maupun di UPBJJ-UT.
                      Keterlibatan semua unit kerja dalam proses pengembangan Simintas UT dan
                      penyusunan pedoman kerja diharapkan dapat medorong proses internalisasi
                      Simintas sehingga dapat diimplementasikan secara konsisten. Konsistensi
                      dalam mengimplementasikan Simintas UT diperlukan untuk menjamin
                      kualitas sistem, proses, dan produk yang dihasilkan UT.
                      Di sisi lain, pengakuan dari pihak eksternal terhadap kualitas pekerjaan dan
                      produk yang dihasilkan UT juga sangat penting. Pengakuan tersebut dapat
                      dianggap sebagai validasi bahwa semua upaya UT untuk mengerjakan
                      semua kegiatan sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan telah dapat
                      memperbaiki kinerja UT (Belawati dkk., 2012). Dalam rangka mendapatkan
                      pengakuan pihak eksternal itulah UT telah mengundang  Tim ICDE dan
                      kemudian berhasil mendapatkan pengakuan dalam penyelenggaraan
                      program pendidikan PTTJJ. Sejak tahun 2006 UT juga telah mengundang
                      badan sertifikasi ISO yang berskala internasional untuk melakukan sertifikasi
                      terhadap beberapa proses bisnis utama di UT.

                                                  Tabel 5.
                                      Daftar sertifikat ISO 9000:2001/9001:2008

                                      Tahun
                                      Perole-                               Jumlah
                       Aspek Manajemen   han          Proses Bisnis        Prosedur
                          Kualitas
                                      Sertifi-                               Kerja
                                      kat ISO
                       Layanan Pengiri-  2006  Meliputi  kegiatan pada Pusat Layanan   9
                       man Bahan Ajar        Bahan Ajar
                       Pengembangan    2007  Meliputi kegiatan di fakultas, Pusat   29
                       Bahan Ajar dan        Produksi Multimedia, dan Pusat Pengu-
                       Bahan Ujian           jian yang mencakup pengembangan ba-
                                             han ajar dan bahan ujian
                                       2009  Terintegrasi dengan ISO untuk Layanan   34
                                             Pengiriman Bahan Ajar







                                                                                 153
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168