Page 167 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 167
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
menjalani audit sertifikasi pada tahun 2014 ini. Dua UPBJJ-UT termuda, yang
baru diresmikan pada tahun 2014, yaitu UPBJJ-UT Sorong dan UPBJJ-UT
Layanan Luar Negeri belum dijadwalkan untuk menjalani proses sertifikasi ISO.
Proses sertifikasi untuk Bidang Manajemen Akademik untuk keempat fakultas
dan program pascasarjana diharapkan sudah dapat dimulai pada akhir tahun
2014. Namun, standar kualitas akademik yang sudah dikembangkan UT perlu
selalu disesuaikan dengan standar nasional pendidikan tinggi yang telah
ditetapkan pemerintah. Misalnya, perlu dilakukan review standar akademik
UT dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Perguruan Tinggi
yang telah diterbitkan melalui Permendikbud No. 49 Tahun 2014 dan Standar
Nasional Pendidikan Jarak Jauh yang sedang dikembangkan oleh Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2014 ini.
6. Perbaikan Kualitas Secara Berkelanjutan
Standar kualitas dituangkan dalam bentuk pedoman, prosedur dan petunjuk
kerja yang dikembangkan untuk mencapai standar kualitas tersebut. Oleh
karena itu, pedoman, prosedur, dan petunjuk kerja sangat penting bagi
staf untuk memandu mereka dalam melaksanakan pekerjaan agar sesuai
dengan standar kualitas yang diharapkan. Namun, implementasi dari sistem
penjaminan kualitas menuntut perubahan budaya kerja dari seluruh jajaran
pimpinan dan staf (Belawati, dkk., 2012). Semua individu dalam organisasi
harus melaksanakan pekerjaan secara sungguh-sungguh untuk mencapai
perbaikan kualitas secara berkelanjutan dalam setiap kegiatan. Upaya
penjaminan kualitas di organisasi yang besar seperti UT memang tidak mudah.
Diperlukan kepemimpinan yang kuat (directive); komunikasi internal yang
terbuka dan efektif; pemahaman terhadap Simintas, kepedulian terhadap
kualitas, komitmen, dan upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh staf;
pelatihan dosen dan staf yang memadai; serta penyediaan sumberdaya yang
diperlukan agar semua individu dalam setiap unit di UT dapat terlibat secara
aktif dalam upaya penjaminan kualitas ini.
157