Page 167 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 167

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      menjalani audit sertifikasi pada tahun 2014 ini. Dua UPBJJ-UT termuda, yang
                      baru diresmikan pada tahun 2014, yaitu UPBJJ-UT Sorong dan UPBJJ-UT
                      Layanan Luar Negeri belum dijadwalkan untuk menjalani proses sertifikasi ISO.
                      Proses sertifikasi untuk Bidang Manajemen Akademik untuk keempat fakultas
                      dan program pascasarjana diharapkan sudah dapat dimulai pada akhir tahun
                      2014. Namun, standar kualitas akademik yang sudah dikembangkan UT perlu
                      selalu disesuaikan dengan standar nasional pendidikan tinggi yang telah
                      ditetapkan pemerintah. Misalnya, perlu dilakukan review standar akademik
                      UT dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Perguruan  Tinggi
                      yang telah diterbitkan melalui Permendikbud No. 49 Tahun 2014 dan Standar
                      Nasional  Pendidikan  Jarak  Jauh  yang  sedang  dikembangkan  oleh  Badan
                      Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2014 ini.



                      6.  Perbaikan Kualitas Secara Berkelanjutan

                      Standar kualitas dituangkan dalam bentuk pedoman, prosedur dan petunjuk
                      kerja yang dikembangkan untuk mencapai standar kualitas tersebut. Oleh
                      karena itu, pedoman, prosedur, dan petunjuk kerja sangat penting bagi
                      staf untuk memandu mereka dalam melaksanakan pekerjaan agar sesuai
                      dengan standar kualitas yang diharapkan. Namun, implementasi dari sistem
                      penjaminan kualitas menuntut perubahan budaya kerja dari seluruh jajaran
                      pimpinan dan staf (Belawati, dkk., 2012). Semua individu dalam organisasi
                      harus melaksanakan pekerjaan secara sungguh-sungguh untuk mencapai
                      perbaikan kualitas secara berkelanjutan dalam setiap kegiatan. Upaya
                      penjaminan kualitas di organisasi yang besar seperti UT memang tidak mudah.
                      Diperlukan kepemimpinan yang kuat  (directive); komunikasi internal yang
                      terbuka dan efektif; pemahaman terhadap Simintas, kepedulian terhadap
                      kualitas, komitmen, dan upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh staf;
                      pelatihan dosen dan staf yang memadai; serta penyediaan sumberdaya yang
                      diperlukan agar semua individu dalam setiap unit di UT dapat terlibat secara
                      aktif dalam upaya penjaminan kualitas ini.






                                                                                 157
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172