Page 172 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 172
8. Penutup
Penjaminan kualitas, baik dari sisi akademik maupun manajemen internal
penting bagi UT untuk memastikan agar proses yang dilaksanakan dan
produk akademik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan para pemangku
kepentingan. Untuk mencapai kualitas yang diinginkan, semua individu
dalam organisasi perlu mengacu pada pedoman, prosedur, dan petunjuk
kerja yang telah ditetapkan, Untuk itu, semua acuan kerja harus ditinjau
ulang secara periodik dengan mempertimbangkan hasil evalusi diri dan
hasil audit/penilaian internal maupun eksternal. Ketidaksesuaian yang terjadi
dalam sistem manajemen kualitas harus ditindaklanjuti oleh manajemen agar
dapat dialkukan tindakan koreksi dan pencegahan yang komprehensif dan
sistemik. Akhirnya, perbaikan berkelanjutan terhadap kualitas layanan UT
hanya dapat diwujudkan dengan meningkatkan kepedulian, komitmen, dan
upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh jajaran pimpinan beserta staf di
semua lapisan untuk mengimplementasikan Simintas UT secara konsisten.
Akhirnya, standar kualitas yang ditetapkan melalui Pedoman Simintas perlu
ditinjau secara periodik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi dan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan
tinggi yang berlaku, maupun kebijakan dan aturan pemerintah lainnya. UT
perlu menyesuaikan atau menambahkan standar kualitas untuk memastikan
agar layanan akademik yang diberikan UT di era informasi digital ini sesuai
dengan kebutuhan mahasiswa namun tetap mengedepankan layanan yang
berkualitas.
162