Page 164 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 164
Tahun
Perole- Jumlah
Aspek Manajemen han Proses Bisnis Prosedur
Kualitas
Sertifi- Kerja
kat ISO
Layanan UPBJJ 2007 Meliputi kegiatan layanan di 11 UPBJJ- 25
UT yang mencakup kegiatan sosialisasi
dan promosi, registrasi, layanan bantuan
belajar, pelaksanaan ujian, dan sertifikasi.
2008 Meliputi kegiatan layanan di 12 UPBJJ-UT 25
lain
2009 Meliputi kegiatan layanan di 8 UPBJJ-UT 25
lain
2010 Meliputi kegiatan layanan di 5 UPBJJ-UT 25
lain
2011 Meliputi kegiatan layanan di 1 UPBJJ-UT 25
yang terakhir
Layanan adminis- 2008 Meliputi kegiatan di Biro Administrasi 6
trasi akademik Akademik, Perencanaan, dan Monitoring
(BAAPM) yang mencakup kegiatan regis-
trasi, pemrosesan alih kredit, serta sertifi-
kasi dan kelulusan.
Promosi dan 2008 Meliputi kegiatan di BAAPM yang men- 6
Kerjasama cakup kegiatan promosi dan kerjasama
Layanan Manaje- 2010 Penyatuan sertifikat ISO untuk 25 UPBJJ- 25
men Belajar UT menjadi 1 sertifikat ISO yang men-
Jarak Jauh di 25 cakup kegiatan sosialisasi dan promosi,
UPBJJ-UT registrasi, layanan bantuan belajar, pelak-
sanaan ujian, dan penyerahan ijazah.
Sumber: Quality assurance in distance education and e-learning, 2013
Sistem manajemen ISO diterapkan untuk memastikan agar semua pekerjaan
dilakukan sesuai prosedur dan standar tertentu untuk mencapai sasaran
kualitas yang telah ditetapkan oleh organisasi terkait (ISO, 2013). Meskipun
pada umumnya sertifikasi ISO digunakan untuk menilai efektivitas manajemen
kualitas di perusahaan-perusahaan industri, sertifikasi ISO dipandang
cocok bagi UT, karena sebagai lembaga PTTJJ, UT pada dasarnya beroperasi
154