Page 164 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 164

Tahun
                                 Perole-                               Jumlah
                  Aspek Manajemen   han          Proses Bisnis        Prosedur
                     Kualitas
                                 Sertifi-                               Kerja
                                 kat ISO
                  Layanan UPBJJ   2007  Meliputi kegiatan layanan di 11 UPBJJ-  25
                                        UT yang mencakup kegiatan sosialisasi
                                        dan promosi, registrasi, layanan bantuan
                                        belajar, pelaksanaan ujian, dan sertifikasi.
                                  2008  Meliputi kegiatan layanan di 12 UPBJJ-UT   25
                                        lain
                                  2009  Meliputi kegiatan layanan di 8 UPBJJ-UT   25
                                        lain

                                  2010  Meliputi kegiatan layanan di 5 UPBJJ-UT   25
                                        lain
                                  2011  Meliputi kegiatan layanan di 1 UPBJJ-UT   25
                                        yang terakhir
                  Layanan adminis-  2008  Meliputi kegiatan di Biro Administrasi   6
                  trasi akademik        Akademik, Perencanaan, dan Monitoring
                                        (BAAPM) yang mencakup kegiatan regis-
                                        trasi, pemrosesan alih kredit, serta sertifi-
                                        kasi dan kelulusan.

                  Promosi dan     2008  Meliputi kegiatan di BAAPM yang men-  6
                  Kerjasama             cakup kegiatan promosi dan kerjasama
                  Layanan Manaje-  2010  Penyatuan sertifikat ISO untuk 25 UPBJJ-  25
                  men Belajar           UT menjadi 1 sertifikat ISO yang men-
                  Jarak Jauh di 25      cakup kegiatan sosialisasi dan promosi,
                  UPBJJ-UT              registrasi, layanan bantuan belajar, pelak-
                                        sanaan ujian, dan penyerahan ijazah.
                 Sumber: Quality assurance in distance education and e-learning, 2013


                 Sistem manajemen ISO diterapkan untuk memastikan agar semua pekerjaan
                 dilakukan sesuai prosedur dan standar tertentu untuk mencapai sasaran
                 kualitas yang telah ditetapkan oleh organisasi terkait (ISO, 2013). Meskipun
                 pada umumnya sertifikasi ISO digunakan untuk menilai efektivitas manajemen
                 kualitas di perusahaan-perusahaan industri, sertifikasi ISO dipandang
                 cocok bagi UT, karena sebagai lembaga PTTJJ, UT pada dasarnya beroperasi



                 154
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169