Page 386 - Cakrawala Pendidikan
P. 386

Perkembangan Pendidikan ...

     Jika  dilihat  dari  karakteristik  dan  tujuannya,  "social  studies
     education" atau "social studies" yang  dipikirkan  untuk abad  ke 21
     masih  tetap  menempatkan  pendidikan  kewarganegaraan,  yakni
     pengembangan  "civic  responsibility  and  active  civic  participation"
     sebagai  salah  satu  esensinya  selain  esensi  pengembangan
     kemampuan     sosial  yang  berkenaan  dengan    v1s1   tentang
     pengalaman hidupnya, pemahaman kritis terhadap ilmu-ilmu sosial.
     pemahaman  tentang  manusia  dalam  konteks  persatuan  di  dalam
     perbedaan,  dan    analisis  kritis  terhadap  keadaan  kehidupan
     manusia.  Hal  ini  mengandung  arti  lebih  memantapkan  pemikiran
     yang   telah   mengkristal   sebelumnya,   sebagaimana   telah
     dikemukakan  dalam  dokumen  NCSS  mengenai  "Scope  and
      Sequence  for  the Social Studies"(NCS§_: 1983)

      Bagaimanakah perkembangan pemikiran mengenai "social studies"
      selanjutnya?  Pada  tahun  1992,  "the  Board  of  Directors  of the
      National  Council  for  the  Social  Studies"  mengadopsi  visi  terbaru
      mengenai  "social  studies",  yang  kemudian  diterbitkan  dalam
     dokumen  resmi    NCSS    pada   tahun   1994  dengan  judul
     "Expectations  of  Excellence:  Curriculum  Standards  for  Social
      Studies".  Dokumen  ini  nampaknya  yang  sedang  mewarnai
      pemikiran  dan  praksis  "social  studies"  di  Amerika  Serikat  sampai
      dengan saat ini.
      Di  dalam  dokumen tersebut  (NCSS, 1994:3)  diadopsi  pengertian
      "social studies" sebagai berikut.

           "Social  studies  is  the  integrated  study  of  the  social
           sciences  and  humanities to promote  civic competence.
           Within  the  school  program,  social  studies  provide
           coordinated,  systematic  study  drawing  upon  such
           disciplines  as  anthropology,  archeology,  economics,
           geography,  history,  law,  philosophy,  political  science,
           psychology,  religion,  and  sociology,  as  well  as
           appropriate  content from  the  humanities,  mathematics,
           and  natural  sciences.  The  primary  purpose  of  social
           studies  is  to help young  people develop the  ability  to
           make  informed and  reasoned  decisions for  the  public
           good  as  citizens  of  a  culturally  diverse,  democratic
           society  in  an  interdependent world".



                                                              379
   381   382   383   384   385   386   387   388   389   390   391