Page 385 - Cakrawala Pendidikan
P. 385
Udin S.
tersebut seyogyanya, " ... not be labelled as the final, fixed word
on social studies curriculum", demikian dipertegas oleh Louis
Grigar.
Di dalam Laporan NCSS yang kedua, "Charting A Course" nampak
jelas upaya untuk mempertegas visi, misi dan strategi "social
studies" dalam Laporan NCSS yang pertama "Scope and
Sequence". Menu rut Laporan tersebut, untuk abad ke 21, "social
studies curriculum" seyogyanya memiliki ciri-ciri menitikberatkan
pada "roles of citizen in a democracy"; memberikan "consistent
and cumulative learning from kindergarten through 12th grade";
menuntut "history and geography should provide matrix or
framework for social studies"; memusatkan kurikulum bukan hanya
pada "major civilization and societies"; mengembangkan jaringan
keterkaitan ilmu sosial dengan "the humanities and the natural
and physical sciences"; menempatkan konten untuk tidak
diperlakukan sebagai hal yang harus diterima dan diingat;
menuntut penerapan proses pembelajaran interaktif, seperti
"reading, writing, observing, debating, role-play or simulation,
working with statistical data and using critical thinking skills";
memanfaatkan aneka media dan sumber belajar; pemberian
dukungan dari seluruh jajaran pengelola pendidikan; dan
menempatkan "esssential knowledge" dalam pembelajaran di
setiap jenjang pendidikan persekolahan.
Sedangkan yang seyogyanya menjadi tujuan dari "Social Studies
Education" adalah mengembangkan:
"(1 )Civic responsibility and active civic participation.
(2)Perspective on their own life experiences so they see
themselves as part of the larger human adventure in
time and place. (3)A critical understanding of the
history, geography, economic, political, and social
institutions. traditions, and values of the United States
as expressed in both their unity and diversity. (4)An
understanding of other peoples and the unity and
diversity of world history, geography, institutions,
traditions and values. (S)Critical attitudes and analytical
perspectives appropriate to analysis of the human
condition" (NCSS, 1989:6).
378