Page 381 - Cakrawala Pendidikan
P. 381
Udin S. Winataputra
"Social Studies is an integration of social sciences and
humanities for the purposes of instruction in citizenship
education. We emphasize 'integration', for social
studies is the only field which deliberately attempts to
draw upon, in an integrated fashion, the data of the
social sciences and the insights of humanities. We
emphasize 'citizenship', for social studies, despite the
different in orientation, outlook, purpose, and methods
of teachers, is almost universally percieved as
preparation for citizensip in a democracy". (Barr,
dkk, 1978: 18)
Definisi "social studies" dan pengidentifikasian "social studies"
atas tiga tradisi pedagogis tersebut di atas dapat dianggap
sebagai pilar utama dari "social studies" pada dasawarsa 1970-
an. Dalam definisi tersebut tersirat dan tersurat beberapa hal.
Pertama, "social studies" merupakan suatu sistim pengetahuan
terpadu; kedua, misi utama "social studies" adalah pendidikan
warga negaraan dalam suatu masyarakat yang demokratis; ketiga,
sumber utama konten "social studies" adalah "social sciences" dan
"humanities"; keempat, dalam upaya penyiapan warga negara
yang demokratis terbuka kemungkinan perbedaan dalam orientasi,
visi, tujuan, dan metode pembelajaran.
Jika dilihat dari adanya variasi tiga tradisi "social studies"
menyiratkan bahwa terbuka kemungkinan untuk mengembangkan
"social studies" atas dasar salah satu tradisi atau kombinasi dua
atau semua tradisi. Masing-masing tradisi tersebut secara singkat
dapat dijelaskan sebagai berikut. Tradisi "citizenship transmission"
merujuk pada suatu modus pembelajaran social yang bertujuan
untuk mengembangkan warga negara yang baik yang ditandai oleh
" ... conforms to certain accepted practices, hold particular beliefs, is
loyal to certain values, participates in certain activities, and
conforms to norms which are often local in character" (Barr,
dkk, 1978:22). Tujuan dari tradisi ini adalah mengembangkan "a
reasoned patriotism; a basic understanding and appreciation of
(American) values, institution, and practices; personal identity and
integrity and responsible citizenship; understanding and
374