Page 273 - Cakrawala Pendidikan
P. 273
Pendidikan Luar Bias a: Profil ....
Dilihat dari pendidikan terpadu yang terdapat pada Tabel 1, sistem
segregasi yang dianut memang tidak murni segregasi, tetapi
dikombinasikan dengan sistem integrasi untuk anak-anak yang
memenuhi persyaratan. Namun, tetap saja segregasi bagi anak-
anak yang bersekolah di SLB menutup kesempatan bagi anak-
anak ini untuk menikmati kehidupan dunia yang sama bersama
dengan anak-anak normal. Sehubungan dengan itu, pertanyaan
mendasar yang perlu dijawab adalah apakah sistem ini perlu
dipertahankan terus atau diubah, atau ditempuh jalan tengah, yaitu
sistem segregasi tetap dipertahankan namun diimbangi dengan
berbagai usaha yang memungkinkan terjadinya integrasi secara
berkala. Ketiga alternatif ini perlu dikaji, sehingga dapat ditemukan
kekuatan dan kelemahan dari setiap alternatif.
Pertama, jika sistem segregasi murni tetap dipertahankan, layanan
PLB akan tetap seperti yang ada. Tidak ada perubahan struktur
organisasi, pergantian personil atau pergeseran petugas. Demikian
pula berbagai fasilitas pendidikan yang ada tidak perlu diatur
kembali, tinggal dilengkapi atau diperbaharui. Namun, sistem ini
akan menciptakan dunia tersendiri bagi penyandang kelainan
karena pergaulan mereka setiap hari hanya dengan teman yang
menyandang kelainan yang mungkin sejenis atau berbeda. Di lain
pihak, para siswa yang bersekolah di sekolah biasa tidak pernah
menyadari bahwa ada teman sebaya mereka yang dari segi fisik
dan/atau mental kurang beruntung. Teman sebaya ini juga
mempunyai kebutuhan untuk dihargai dan mengembangkan
potensi seperti mereka, namun karena kondisi fisik dan/atau
mental yang berbeda, mereka tidak dapat menikmati layanan di
sekolah biasa. Anak-anak normal ini mungkin merasa bahwa dunia
in1 begitu mulus, sehingga jika mereka tidak pernah diberi
kesempatan bergaul dengan anak yang menyandang kelainan,
mereka akan bersikap aneh terhadap teman-temannya yang
kebetulan mempunyai kelainan fisik dan/atau mental.
Kedua, jika sistem ini akan diubah menjadi sistem integrasi (yang
memang merupakan kecenderungan dalam pendidikan luar biasa),
tentu banyak yang harus ditata ulang. Undang-undang, peraturan
pemerintah, struktur organisasi, pengaturan personil, pengaturan
sarana/prasarana dan sebagainya akan mengalami perubahan
263