Page 278 - Cakrawala Pendidikan
P. 278
f. G.tl.K. Warclan i
lapangan kerja. Sementara itu, peningkatan kemampuan
profesional bagi para guru dan calon guru PLB masih perlu
dilakukan, misalnya dengan pelatihan yang terencana yang sesuai
dengan kebutuhan guru, serta program pendidikan guru PLB yang
akrab dengan lapangan. Selanjutnya, pihak keluarga juga harus
menunjukkan kesadaran untuk menerima anggota keluarga
penyandang kelainan sebagaimana adanya dan memperlakukan
mereka sesuai dengan kemampuannya. Akhirnya, masyarakat,
khususnya para penguasaha yang mampu menyediakan lapangan
kerja diharapkan berperan aktif dalam ikut membantu para
penyandang kelainan untuk mendapatkan lapangan kerja. Peran
pengusaha ini bukan hanya sebagai penyumbang materi, tetapi
juga diharapkan menyumbang gagasan dan fasilitas untuk berlatih.
Dengan mengusahakan cara-cara tersebut, diharapkan tantangan
yang dihadapi secara berangsur-angsur dapat dijawab dan
harapan para penyandang kelainan menjadi kenyataan. Dengan
perkataan lain, secara berangsur-angsur, tujuan pendidikan luar
biasa akan dapat diwujudkan.
Daftar Pustaka
Amin, M. (1985). Country Report on Special Education in
Indonesia. Yokosuka: The Fifth APEID Regional Seminar on
Special Education.
Aminah Har, S ( 1993). Country Report on Special Education in
Indonesia. Yokosuka: The Thirteenth APEID Regional
Seminar on Special Education.
Astati. ( 1999). Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling
dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Anak Tunagrahita
Ringan. Bandung: Thesis Program Pascasarjana IKIP
Bandung.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. ( 1998). Datallnformasi
Keadaan Sekolah Luar Biasa Negeri dan Swasta, Sekolah
Dasar Luar Biasa dan Seko/ah Terpadu Tahun 199811999
Sampat Akhir Desember 1998. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Dasar.
268