Page 278 - Cakrawala Pendidikan
P. 278

f. G.tl.K.  Warclan i


           lapangan   kerja.   Sementara   itu,   peningkatan   kemampuan
           profesional  bagi  para  guru  dan  calon  guru  PLB  masih  perlu
           dilakukan,  misalnya dengan  pelatihan  yang  terencana yang  sesuai
           dengan kebutuhan  guru,  serta  program  pendidikan  guru  PLB  yang
           akrab  dengan  lapangan.  Selanjutnya,  pihak  keluarga  juga  harus
           menunjukkan  kesadaran  untuk  menerima  anggota  keluarga
           penyandang  kelainan  sebagaimana  adanya  dan  memperlakukan
           mereka  sesuai  dengan  kemampuannya.  Akhirnya,  masyarakat,
           khususnya  para  penguasaha yang  mampu  menyediakan lapangan
           kerja  diharapkan  berperan  aktif  dalam  ikut  membantu  para
           penyandang  kelainan  untuk  mendapatkan  lapangan  kerja.  Peran
           pengusaha  ini  bukan  hanya  sebagai  penyumbang  materi,  tetapi
           juga diharapkan menyumbang gagasan dan fasilitas untuk berlatih.
           Dengan  mengusahakan  cara-cara  tersebut,  diharapkan  tantangan
           yang  dihadapi  secara  berangsur-angsur  dapat  dijawab  dan
           harapan  para  penyandang  kelainan  menjadi  kenyataan.  Dengan
           perkataan  lain,  secara  berangsur-angsur,  tujuan  pendidikan  luar
           biasa akan dapat diwujudkan.

           Daftar Pustaka

           Amin,  M.  (1985).  Country  Report  on  Special  Education  in
               Indonesia.  Yokosuka:  The  Fifth  APEID  Regional  Seminar  on
               Special Education.
           Aminah  Har,  S  ( 1993).  Country  Report  on  Special  Education  in
               Indonesia.  Yokosuka:  The  Thirteenth   APEID  Regional
               Seminar on Special Education.
           Astati.  ( 1999).  Program  Layanan  Dasar Bimbingan  dan  Konseling
               dalam  Meningkatkan  Kesiapan  Kerja  Anak  Tunagrahita
               Ringan.   Bandung:  Thesis  Program  Pascasarjana  IKIP
               Bandung.
           Departemen  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  ( 1998).  Datallnformasi
               Keadaan  Sekolah  Luar  Biasa  Negeri  dan  Swasta,  Sekolah
               Dasar  Luar  Biasa  dan  Seko/ah  Terpadu  Tahun  199811999
               Sampat Akhir Desember 1998.  Jakarta:  Direktorat Pendidikan
               Dasar.




           268
   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283