Page 277 - Cakrawala Pendidikan
P. 277

Pendidikan Luar Biasa:

       mengabdi pada  PLB,  sehingga sebagian  besar yang  terlibat dalam
       PLB  masih  merasa  terpaksa,  banyaknya  sarana/prasarana
       pendidikan  yang  diperlukan,  kemampuan  profesional  para  guru/
       tenaga  lainnya  yang  belum optimal,  masih  adanya  orang  tua  yang
       enggan  menyekolahkan anaknya,  belum mampunya sekolah  untuk
       menanamkan  keterampilan  kerja  yang  memadai,  dan  yang  tidak
       kalah pentingnya dana pendidikan yang cukup besar.
       Tantangan  pasca pendidikan adalah  bagaimana cara  menyalurkan
       anak  berkelainan  yang  sudah  menyelesaikan  pendidikannya
       sampai  tingkat  SMLB.  Bagaimana  menyalurkan  mereka  yang
       berpotensi  untuk  melanjutkan  sekolah,  serta  bagaimana  mencari
       lapangan  kerja  bagi  yang  tidak  mampu  melanjutkan.  lni  jelas
       merupakan  tantangan  yang  sangat  berat,  yang  mau  tidak  mau
       harus  dijawab,  jika  keinginan  untuk  membantu  peserta  didik
       penyandang  kelainan  fisik  dan/atau  mental  untuk  berkembang
       secara optimal.

       Penutup
       Untuk  menjawab tantangan  tersebut,  serangkaian  usaha  haruslah
       dilakukan  secara  terencana  dan  berkesinambungan.  Usaha
       tersebut  harus  dilakukan  baik  oleh  pemerintah,  masyarakat,
       maupun  keluarga  sebagai  tripusat  pendidikan  yang  bertanggung
       jawab terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
       Di  pihak  pemerintah,  berbagai  peraturan  yang  menyangkut
       pelayanan/kesejahteraan  bagi  para  penyandang  kelainan  masih
       perlu   dipikirkan   keberadaannya.   Berbagai   promosi   untuk
       menumbuhkan  kesadaran  masyarakat  akan  keberadaan  dan
       potensi  yang  dimiliki  para  penyandang  kelainan  perlu  dilakukan
       melalui  berbagai  media  massa.  Tayangan-tayangan  di  televisi
       merupakan  media  yang  cukup  efektif  untuk  menumbuhkan
       kesadaran  masyarakat  akan  keberadaan  para  penyandang
       kelainan  ini.  Di  bidang  pendidikan  sendiri,  masih  perlu  dilakukan
       berbagai  usaha  seperti  pengembangan  program yang  efektif untuk
       membekali  para  penyandang  kelainan  dengan  keterampilan  kerja
       yang  sesuai  dengan  kemampuan  mereka.  Dalam  hal  ini  perlu
       digalang  kerja  sama  dengan  berbaga1  penyedia  lapangan  kerja,
       sehmgga  keterampilan  yang  dikuasai  sesuai  dengan  kebutuhan



                                                                267
   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282