Page 255 - Cakrawala Pendidikan
P. 255
handal dan berkualitas di era globalisas1 dan yang pada akhirnya
menjadi pusat unggulan pengembangan pendid1kan tmggi terbuka
dan jarak jauh di Indonesia menan tang UT untuk mampu menerima
keterbukaan kepakaran atas dasar 'mutually acceptable standard'
dan kemampuan mencirikan keunggulan kompetitif pendidikan UT,
yaitu pendidikan tinggi terbuka dan jarak Jauh. Tuntutan ini hanya
dapat dipenuhi bila UT selalu mengadakan perbaikan-perbaikan
dan pengembangan yang berkelanjutan baik ke dalam maupun ke
luar. Salah satu upaya pengembangan dan peningkatan yang
dapat dilakukan oleh UT adalah meningkatkan kualitas proses
pembelajarannya, yang merupakan salah satu pilar utama
eks1stensi UT sebagai institusi pendidikan (tinggi terbuka dan jarak
JaUh).
Proses pembelajaran di UT menghadapi beberapa masalah antara
lain:
Kebudayaan Indonesia belum mendukung proses belajar
mandiri, sehingga ketika mahasiswa masuk untuk
berpartisipasi dalam proses pembelajaran di UT, sebagian
besar tidak terbiasa belajar mandiri.
2. Layanan pendukung yang diberikan UT untuk mendukung
terlaksananya proses belajar mahasiswa masih relatif
terbatas.
3. Mutu bahan ajar UT masih perlu dievaluasi dan disesuaikan
dengan perkembangan jaman agar mampu
mengakomodasikan proses interaksi antara siswa dengan
bidang ilmu secara optimal, baik melalui penyesuaian
substansi (validitas isi), maupun penyampaiannya (metode).
4. Pemanfaatan sarana pembelajaran untuk proses
pembelajaran pendidikan terbuka dan jarak jauh yang belum
efisien dan efektif
5. Metode dan proses pembelajaran yang masih perlu
ditingkatkan untuk menanggapi perubahan dan
perkembangan (responsiveness).
6. Bentuk model administrasi proses pembelajaran terbuka dan
jarak jauh yang masih perlu ditata.
245