Page 255 - Cakrawala Pendidikan
P. 255

handal  dan  berkualitas  di  era  globalisas1  dan  yang  pada  akhirnya
        menjadi  pusat  unggulan  pengembangan  pendid1kan  tmggi  terbuka
        dan jarak jauh di Indonesia menan tang  UT untuk mampu  menerima
        keterbukaan  kepakaran  atas  dasar 'mutually  acceptable  standard'
        dan  kemampuan  mencirikan  keunggulan  kompetitif pendidikan  UT,
        yaitu  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak Jauh.  Tuntutan  ini  hanya
        dapat  dipenuhi  bila  UT  selalu  mengadakan  perbaikan-perbaikan
        dan  pengembangan  yang  berkelanjutan  baik  ke  dalam  maupun  ke
        luar.  Salah  satu  upaya  pengembangan  dan  peningkatan  yang
        dapat  dilakukan  oleh  UT  adalah  meningkatkan  kualitas  proses
        pembelajarannya,  yang  merupakan  salah  satu  pilar  utama
        eks1stensi  UT sebagai institusi pendidikan  (tinggi terbuka dan jarak
       JaUh).

        Proses pembelajaran di  UT menghadapi beberapa  masalah antara
        lain:
            Kebudayaan  Indonesia  belum  mendukung  proses  belajar
            mandiri,   sehingga   ketika   mahasiswa   masuk   untuk
            berpartisipasi  dalam  proses  pembelajaran  di  UT,  sebagian
            besar tidak terbiasa belajar mandiri.
        2.   Layanan  pendukung  yang  diberikan  UT  untuk  mendukung
            terlaksananya  proses  belajar  mahasiswa  masih  relatif
            terbatas.
        3.   Mutu  bahan  ajar  UT  masih  perlu  dievaluasi  dan  disesuaikan
            dengan      perkembangan      jaman     agar     mampu
            mengakomodasikan  proses  interaksi  antara  siswa  dengan
            bidang  ilmu  secara  optimal,  baik  melalui  penyesuaian
            substansi (validitas isi), maupun  penyampaiannya (metode).

        4.   Pemanfaatan   sarana   pembelajaran      untuk   proses
            pembelajaran  pendidikan  terbuka  dan  jarak jauh  yang  belum
            efisien dan efektif
        5.   Metode  dan  proses  pembelajaran  yang  masih  perlu
            ditingkatkan   untuk    menanggapi     perubahan     dan
            perkembangan (responsiveness).
        6.   Bentuk  model  administrasi  proses  pembelajaran  terbuka  dan
            jarak jauh yang masih perlu ditata.



                                                                 245
   250   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260