Page 258 - Cakrawala Pendidikan
P. 258

dilakukan  oleh  staf  akademik  UT  (dan  non-UT)  yang  bertujuan
          untuk  mengembangkan  dan  meningkatkan  mutu  pembelajaran  di
          UT  maupun  di  luar  UT,  diseminator  yang  menyediakan  dan
          menyebarkan  berbagai  hasil  kajian  dan  pengembangan  kegiatan
          pembelajaran  dalam  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  ke
          unit-unit  UT yang  memerlukan  dan  ke  berbagai  instansi  lain  yang
          berminat  atau  perlu,  serta  merupakan  professional clinic  bagi  staf
          akademik  UT  dan  instansi  lainnya  melalui  penyediaan  Jasa
          konsultasi  untuk  mengembangkan,  meningkatkan,  mengevaluasi,
          dan  mencari  pemecahan  masalah  pembelajaran  secara  umum,
          dan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh secara khusus.  Dalam
          berfungsi sebagai pengendali mutu akademik, wadah ini membantu
          menyediakan  masukan  bagi  pimpinan  UT  untuk  pengambilan
          keputusan  dalam  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  pengembangan
          akademik UT.

          Wadah ini  memegang peran sangat penting  bagi  keberlangsungan
          program  akademik  di  UT.  Perencanaan,  pengembangan  dan
          peningkatan  program akademik di  UT memerlukan  pengkajian dan
          perancangan yang  matang jauh  sebelum suatu  program  akademik
          diluncurkan,   dan   pemantauan     secara   intensif   dalam
          pelaksanaannya.  Perubahan dan  modifikasi secara tiba-tiba dapat
          menyebabkan tidak berjalannya sistem UT secara  utuh,  yang  pada
          akhirnya  dapat  berdampak  negatif  terhadap  mutu  akademik  UT.
          Diharapkan,  jika  UT  sudah  memiliki  lembaga  ini,  mutu  akademik
          UT  sebagai  perguruan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  dapat
          ditingkatkan secara berkesinambungan, terpadu dan terkendali.

          Kesimpulan
          Beragam  masalah  yang  dihadapi  oleh  perguruan  tinggi,  terutama
          masalah  akademik,  merupakan  tantangan  yang  perlu  dijawab
          secara  serius.  Upaya-upaya  pemecahan  masalah  yang  bersifat
          sporadis  sebagai  respon  terhadap  masalah  yang  muncul
          menghasilkan  dampak  pemecahan  masalah  yang        bersifat
          sementara.    Pewadahan    terhadap   upaya-upaya    tersebut
          merupakan strategi yang  penting  untuk dapat mengendalikan mutu
          akademik  di  perguruan  tinggi  secara  berkesinambungan  dan
          terpadu.  Tidak  adanya  wadah  khusus  yang  menangani  hal-hal



          248
   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263