Page 256 - Cakrawala Pendidikan
P. 256

7.   Belum  mantapnya  bentuk  dan  model  penilaian  hasil  belajar
              mahasiswa dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.
          8.   Belum  mantap  metode  baku  tentang  pemantauan  dan
              evaluasi  mutu  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh  (kriteria
              untuk output dan outcome).
         Kesemua     permasalahan   tersebut   kemudian   menimbulkan
         serangkaian  permasalahan  lanjutan  berupa  rendahnya  indeks
         prestasi  mahasiswa,  kualitas  lulusan  yang  belum  memadai,  serta
          akuntabilitas  dan  kredibilitas  institusi  yang  rendah.  Upaya  untuk
         mengatas1  permasalahan  telah  dicoba  dilakukan  oleh  UT  melalui
         berbagai  cara,  misalnya  pengiriman  staf  akademik  untuk  studi
         lanjut  di  dalam  maupun  luar  negeri,  pembentukan  satuan  tugas
         untuk mengkaji beragam alternatif pemecahan  masalah,  pelatihan-
         pelatihan,  pembenahan  kurikulum,   serta  penelitian.  Namun
         demikian.  belum  terasa  adanya  sinergis  antara  kegiatan-kegiatan
         tersebut  yang  sudah  dirancang  berdasarkan  suatu  proses
          perencanaan  yang  cukup  panjang.  Dengan  demikian,  dampaknya
          belum terlihat nyata. dan bahkan masih jauh dari yang diharapkan.

         Tujuan, Peran, Fungsi wadah
         Mengacu  kepada  perkembangan  yang  pesat di  segala  bidang  dan
          permasalahan  akademik yang  dimiliki  UT,  maka  UT perlu  memiliki
         wadah  yang  bersifat  tetap  untuk  membina  dan  mengembangkan
         mutu,  memperoleh  efektivitas,  efisiensi  dan  akuntabilitas  sistem
          pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  di  UT,  memelihara
          ketergayutan  penyelenggaraan pendidikan  tinggi terbuka dan jarak
         jauh   di   UT   dengan   kebutuhan   pembangunan    nasional,
          mewujudkan  suasana  proses  pembelajaran  di  UT  menurut  norma
          dan etika yang  telah ditetapkan,  dan  menjadi sumber acuan  dalam
          usaha  peningkatan  dan  pengembangan  pendidikan  tinggi  terbuka
          dan  jarak  jauh,  serta  membantu  meningkatkan  mutu  pendidikan
          tinggi nasional pada umumnya.
          Secara khusus, wadah  ini diharapkan  dapat berperan dalam :

              melahirkan  konsep  dan  strategi  pembelajaran  pendidikan
              tinggi  terbuka  dan  Jarak  jauh  melalui  proses  pengkajian,
              pengembangan. serta pemanfaatan sumber daya



          246
   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261