Page 256 - Cakrawala Pendidikan
P. 256
7. Belum mantapnya bentuk dan model penilaian hasil belajar
mahasiswa dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.
8. Belum mantap metode baku tentang pemantauan dan
evaluasi mutu pendidikan terbuka dan jarak jauh (kriteria
untuk output dan outcome).
Kesemua permasalahan tersebut kemudian menimbulkan
serangkaian permasalahan lanjutan berupa rendahnya indeks
prestasi mahasiswa, kualitas lulusan yang belum memadai, serta
akuntabilitas dan kredibilitas institusi yang rendah. Upaya untuk
mengatas1 permasalahan telah dicoba dilakukan oleh UT melalui
berbagai cara, misalnya pengiriman staf akademik untuk studi
lanjut di dalam maupun luar negeri, pembentukan satuan tugas
untuk mengkaji beragam alternatif pemecahan masalah, pelatihan-
pelatihan, pembenahan kurikulum, serta penelitian. Namun
demikian. belum terasa adanya sinergis antara kegiatan-kegiatan
tersebut yang sudah dirancang berdasarkan suatu proses
perencanaan yang cukup panjang. Dengan demikian, dampaknya
belum terlihat nyata. dan bahkan masih jauh dari yang diharapkan.
Tujuan, Peran, Fungsi wadah
Mengacu kepada perkembangan yang pesat di segala bidang dan
permasalahan akademik yang dimiliki UT, maka UT perlu memiliki
wadah yang bersifat tetap untuk membina dan mengembangkan
mutu, memperoleh efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas sistem
pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di UT, memelihara
ketergayutan penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka dan jarak
jauh di UT dengan kebutuhan pembangunan nasional,
mewujudkan suasana proses pembelajaran di UT menurut norma
dan etika yang telah ditetapkan, dan menjadi sumber acuan dalam
usaha peningkatan dan pengembangan pendidikan tinggi terbuka
dan jarak jauh, serta membantu meningkatkan mutu pendidikan
tinggi nasional pada umumnya.
Secara khusus, wadah ini diharapkan dapat berperan dalam :
melahirkan konsep dan strategi pembelajaran pendidikan
tinggi terbuka dan Jarak jauh melalui proses pengkajian,
pengembangan. serta pemanfaatan sumber daya
246