Page 257 - Cakrawala Pendidikan
P. 257
Pelembagaan Upaya Pengendalian ...
mendorong dan membantu para staf akademik, baik LPTK
maupun non-LPTK untuk melakukan pengkajian kegiatan
pembelajaran dalam pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.
memfasilitasi terjadinya kreativitas pengkajian dan
pengembangan berbagai prototipe bahan ajar, model
pembelaJaran, model evaluasi hasil belajar, dan model kendali
mutu dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
mendorong dan membantu pengembangan dan peningkatan
kegiatan pembelajaran yang berkualitas melalui penerapan
teknologi pembelajaran oleh para staf akademik di berbagai
institusi pendidikan
memfasilitasi pengambilan keputusan pada tingkat pimpinan
tentang hal-hal yang berkenaan dengan pengembangan dan
peningkatan mutu program akademik dalam sistem
pendidikan terbuka dan jarak jauh.
membantu perkembangan bidang ilmu teknologi pendidikan
untuk pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia
secara umum.
Dalam menjalankan perannya, wadah ini akan dapat memberikan
masukan kepada Pimpinan dan Senat Universitas Terbuka, serta
fakultas dan unit-unit terkait tentang hal-hal yang berkaitan dengan
pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh sebagai hasil
pemantauan, evaluasi, kajian, dan pengembangan yang dilakukan,
serta mengupayakan beragam strategi pemecahan masalah dan
upaya peningkatan pengembangan pendidikan terbuka dan jarak
jauh, khususnya proses pembelajaran, sesuai dengan tugas dan
kewenangan yang dimiliki. Dalam hal ini, wadah tersebut
diharapkan berfungsi sebagai pusat pengembangan, pusat
pengkajian, pusat pemantauan dan evaluasi, dan pusat
pengendalian mutu akademik di UT.
Secara umum wadah yang akan dibentuk di UT adalah agen
pembaharuan dalam hal pembelajaran untuk sistem pendidikan
tinggi pada umumnya dan sistem pendidikan tinggi terbuka dan
jarak jauh pada khususnya, fasilitator untuk berbagai kegiatan
(pelatihan, pengkajian, evaluasi, pengembangan, dll.) yang
247