Page 257 - Cakrawala Pendidikan
P. 257

Pelembagaan Upaya Pengendalian ...


           mendorong  dan  membantu  para  staf  akademik,  baik  LPTK
           maupun  non-LPTK  untuk  melakukan  pengkajian  kegiatan
           pembelajaran dalam pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.
           memfasilitasi   terjadinya   kreativitas   pengkajian   dan
           pengembangan  berbagai  prototipe  bahan  ajar,    model
           pembelaJaran,  model evaluasi hasil  belajar,  dan  model kendali
           mutu dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
           mendorong  dan  membantu  pengembangan  dan  peningkatan
           kegiatan  pembelajaran  yang  berkualitas  melalui  penerapan
           teknologi  pembelajaran  oleh  para  staf  akademik  di  berbagai
           institusi pendidikan

           memfasilitasi  pengambilan  keputusan  pada  tingkat  pimpinan
           tentang  hal-hal  yang  berkenaan  dengan  pengembangan  dan
           peningkatan   mutu   program   akademik   dalam   sistem
           pendidikan terbuka dan jarak jauh.

           membantu  perkembangan  bidang  ilmu  teknologi  pendidikan
           untuk  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  di  Indonesia
           secara umum.
       Dalam  menjalankan  perannya,  wadah  ini  akan  dapat  memberikan
       masukan  kepada  Pimpinan  dan  Senat  Universitas  Terbuka,  serta
       fakultas dan  unit-unit terkait tentang  hal-hal  yang  berkaitan dengan
       pengembangan  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh  sebagai  hasil
       pemantauan,  evaluasi,  kajian,  dan  pengembangan  yang  dilakukan,
       serta  mengupayakan  beragam  strategi  pemecahan  masalah  dan
       upaya  peningkatan  pengembangan  pendidikan  terbuka  dan  jarak
       jauh,  khususnya  proses  pembelajaran,  sesuai  dengan  tugas  dan
       kewenangan  yang  dimiliki.  Dalam  hal  ini,  wadah  tersebut
       diharapkan  berfungsi  sebagai  pusat  pengembangan,  pusat
       pengkajian,   pusat  pemantauan   dan   evaluasi,   dan   pusat
       pengendalian mutu akademik di  UT.

       Secara  umum  wadah  yang  akan  dibentuk  di  UT  adalah  agen
       pembaharuan  dalam  hal  pembelajaran  untuk  sistem  pendidikan
       tinggi  pada  umumnya  dan  sistem  pendidikan  tinggi  terbuka  dan
       jarak  jauh  pada  khususnya,  fasilitator  untuk  berbagai  kegiatan
       (pelatihan,  pengkajian,  evaluasi,  pengembangan,  dll.)  yang



                                                                247
   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262