Page 259 - Cakrawala Pendidikan
P. 259
Pelembagaan Upaya Pengendalian ...
yang berkenaan dengan upaya pemecahan masalah akademik
sebagai bentuk pengendalian mutu akademik perguruan tinggi
akan mengakibatkan penanganan masalah akademik yang tidak
sistematis, tidak berkesinambungan dan tidak terpadu. Dengan
demikian, pewadahan tersebut adalah untuk pengendalian mutu
akademik di perguruan tinggi, yang pada akhirnya akan
meningkatkan kinerja perguruan tinggi.
Dalam rangka pengembangan dan peningkatan diri, UT melakukan
pembenahan terhadap mutu akademiknya, yang merupakan salah
satu pilar dari keberadaan UT sebagai institusi pendidikan tingg1
terbuka dan jarak jauh. Salah satu upaya yang dilakukan UT
adalah dengan pewadahan upaya-upaya pengembangan program
akademik di UT secara terpadu dan terkendali. Pewadahan
tersebut menjadi sangat penting bagi UT karena segala upaya
pengembangan dan pengendalian mutu akademik di UT harus
dirancang secara terencana dan terpadu jauh sebelum
dilaksanakan. Mutu akademik UT diharapkan dapat ditingkatkan
dan dikendalikan secara berkesinambungan melalui pewadahan
tersebut.
Daftar Pustaka
Brodjonegoro, S.S. Management Change in University Towards
21st Century: The Indonesian Policy. Dalam Proceedings of
The International Seminar on Managing Higher Education in
the Third Millenium, Jakarta, Oktober 1999.
Craft, A. International Developments in Assuring Quality in Higher
Education. London: The Falmer Press, 1994.
Diamond, R A Systematic Approach to Course and Curriculum
Design. Syracuse: Center for Instructional Design, Syracuse
University, 1987.
Ditjen DIKTI, Program Pengembangan Pusat Pengembangan
Pendidikan di Perguruan Tinggi: Kerangka Acuan Kerja.
Jakarta: Ditjen DIKTI, Depdikbud, 1997
249