Page 259 - Cakrawala Pendidikan
P. 259

Pelembagaan Upaya Pengendalian ...

         yang  berkenaan  dengan  upaya  pemecahan  masalah  akademik
         sebagai  bentuk  pengendalian  mutu  akademik  perguruan  tinggi
         akan  mengakibatkan  penanganan  masalah  akademik  yang  tidak
         sistematis,  tidak  berkesinambungan  dan  tidak  terpadu.  Dengan
         demikian,  pewadahan  tersebut  adalah  untuk  pengendalian  mutu
         akademik  di  perguruan  tinggi,  yang  pada  akhirnya  akan
         meningkatkan kinerja perguruan tinggi.

         Dalam rangka  pengembangan dan peningkatan diri,  UT melakukan
         pembenahan  terhadap  mutu  akademiknya,  yang  merupakan  salah
         satu  pilar  dari  keberadaan  UT  sebagai  institusi  pendidikan  tingg1
         terbuka  dan  jarak  jauh.  Salah  satu  upaya  yang  dilakukan  UT
         adalah  dengan  pewadahan  upaya-upaya  pengembangan  program
         akademik  di  UT  secara  terpadu  dan  terkendali.  Pewadahan
         tersebut  menjadi  sangat  penting  bagi  UT  karena  segala  upaya
         pengembangan  dan  pengendalian  mutu  akademik  di  UT  harus
         dirancang   secara   terencana   dan   terpadu   jauh   sebelum
         dilaksanakan.  Mutu  akademik  UT  diharapkan  dapat  ditingkatkan
         dan  dikendalikan  secara  berkesinambungan  melalui  pewadahan
         tersebut.

         Daftar Pustaka

         Brodjonegoro,  S.S.  Management  Change  in  University  Towards
              21st  Century:  The  Indonesian  Policy.  Dalam  Proceedings  of
              The  International  Seminar on  Managing  Higher  Education  in
              the  Third Millenium, Jakarta, Oktober 1999.
         Craft,  A.  International Developments in  Assuring  Quality in  Higher
              Education.  London: The Falmer Press,  1994.
         Diamond,  R  A  Systematic  Approach  to  Course  and  Curriculum
              Design.  Syracuse:  Center  for  Instructional  Design,  Syracuse
              University,  1987.
          Ditjen  DIKTI,  Program  Pengembangan  Pusat  Pengembangan
              Pendidikan  di  Perguruan  Tinggi:  Kerangka  Acuan  Kerja.
              Jakarta: Ditjen DIKTI,  Depdikbud,  1997








                                                                   249
   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264